Gempa Chile Picu Tsunami Kecil di Jepang

Jum'at, 18 September 2015 - 17:17 WIB
Gempa Chile Picu Tsunami Kecil di Jepang
Gempa Chile Picu Tsunami Kecil di Jepang
A A A
TOKYO - Tsunami setinggi 30 cm melanda wilayah Kuji, timur laut Jepang, setelah gempa berkekuatan 8,3 skala richter mengguncang wilayah Chile pada Rabu kemarin, seperti dilaporkan Badan Meteorologi Jepang (JMA).

JMA mengatakan, bahwa gelombang pertama mencapai wilayah Jepang Utara dan bergerak ke arah barat daya. Lembaga itu pun memprediksi gelombang susulan akan lebih besar dan mungkin mencapai ketinggian 1 meter. Karenanya, JMA memberikan peringatan kepada penduduk di wilayah pesisir untuk tetap waspada, seperti dikutip laman Xinhua, Jumat (18/9/2015).

JMA juga menegaskan, gelombang pertama yang mencapai pantai Jepang belum tentu menjadi yang terbesar. Gelombang kecil yang saat ini melanda negara kepulauan itu adalah hasil pengamatan terhadap sepanjang pantai pasifik Jepang dengan gelombang sekitar 10 cm mencapai timur laut dan bagian timur Jepang pada Jumat dini hari.

Jepang sendiri tidak asing dengan tsunami yang diakibatkan gempa bumi yang melanda Chile. Pada tahun 1960, tsunami setinggi 4 meter melanda utara Jepang dan menewaskan sekitar 140 orang. Tsunami tersebut dipicu gempa bumi dengan kekuatan 9,5 skala richter yang mengguncang Chile.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6807 seconds (0.1#10.140)