Rusia Dituding Lakukan Spionase Cyber

Kamis, 17 September 2015 - 23:17 WIB
Rusia Dituding Lakukan Spionase Cyber
Rusia Dituding Lakukan Spionase Cyber
A A A
HELSINKI - Sebuah perusahaan keamanan data asal Finlandia, F-Secure, menyatakan Rusia telah melakukan aksi spionase cyber terhadap sejumlah institusi di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia dalam tujuh tahun terakhir. Dalam melakukan aksinya, Rusia membiayai sebuah kelompok untuk mengumpulkan data demi kepentingan intelijen.

Menurut F-Secure, kelompok yang dibiayai oleh Rusia bernama The Dukes. Mereka mempunyai sebuah alat malware yang menginfiltrasi jaringan komputer dan mengirimkan data kembali ke peretas. Beberapa organisasi yang menjadi sasaran adalah Pusat Informasi Georgia yang ada di NATO, Kementerian Pertahanan Georgia, Kementerian Luar Negeri Turki dan Uganda, serta lembaga pemerintah lainnya dan badan think tank politik AS, Eropa, dan Asia Tengah.

"Semua tanda titik menunjuk kembali ke Rusia sebagai negara sponsor," ujara peneliti F-Secure, Artturi Lehtio, seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Kamis (17/9/2015).

Laporan mengenai keterlibatan Moskow dalam aksi spionase di dunia maya bukan kali ini saja terjadi. Tahun lalu sebuah tim keamanan dunia maya menyatakan Rusia dan China kemungkinan berada di balik sejumlah serangan cyber di AS.

Sedangkan perusahaan keamanan AS, Symantec pada 2014 menemukan sebuah alat cyber mata-mata canggih yang disebut dengan Regin, yang digunakan sejak 2008 untuk mencuri informasi dari pemerintah dan bisnis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5550 seconds (0.1#10.140)
pixels