Jurnalis Asing Dilarang Masuk ke Ukraina, Rusia Meradang

Kamis, 17 September 2015 - 17:39 WIB
Jurnalis Asing Dilarang Masuk ke Ukraina, Rusia Meradang
Jurnalis Asing Dilarang Masuk ke Ukraina, Rusia Meradang
A A A
MOSKOW - Kebijakan pemerintah Ukraina yang melarang jurnalis asing masuk ke negaranya mendapat sorotan dari dunia internasional. Salah satu negara yang menyorot dengan tajam kebijakan ini adalah Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov menyebut Rusia sangat menetang dan mengecam keras kebijakan yang diambil oleh pemerintah Ukraina tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan Ukraina sangat bertentangan dengan asas kebebasan pers.

"Fakta bahwa banyak perwakilan media masuk dalam daftar ini benar-benar sangat tidak bisa diterima," ujar Peskov merujuk pada daftar orang-orang yang dikenai sanksi larangan untuk mengunjungi Ukraina.
"Hal ini sangat tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kebebasan, dan tentu saja kami sangat mengutuk hal ini," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Kamis (17/9/2015).

Pemerintah Ukraina memang baru saja merilis daftar-daftar pihak yang dikenai sanksi larangan masuk ke Ukraina. Dari ratusan nama dalam daftar, terdapat setidaknya 41 jurnalis asing, yang mayoritas adalah jurnalis yang berasal media Barat.

Beberapa media yang jurnalisnya dilarang masuk ke Ukraina adalah BBC, El Pais, Russia Today, dan banyak nama lainnya dari beberapa media asal Jerman, Israel, dan juga spanyol.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5871 seconds (0.1#10.140)