Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru Yahudi

Senin, 14 September 2015 - 13:56 WIB
Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru Yahudi
Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru Yahudi
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani, menyampaikan ucapan selamat tahun baru Rosh Hashanah bagi umat Yahudi. Menurut Rouhani, umat manusia di bumi tetap berakar pada trah Nabi Ibrahim yang harusnya saling berdamai dan toleransi.

Ucapan selamat Tahun Baru Rosh Hashanah itu disampaikan Rouhani via Twitter pada hari Minggu kemarin. Dia juga mengucapkan selamat berlibur bagi umat Yahudi terutama yang ada di Iran.

“Semoga akar Ibrahim bersama kami untuk memperdalam rasa hormat, membawa perdamaian dan saling toleransi. L'SháNah Tovah. #RoshHashanah,” bunyi tweet Rouhani, via akun @HassanRouhani.

Pesan Rouhani itu disertai dengan foto dari Reuters tentang warga Yahudi yang berdoa di Sinagog Yousefabad di Teheran. L'SháNah Tovah adalah bahasa Ibrani untuk harapan tahun yang baik.

Di Iran sejatinya terdapat 80 ribu hingga 100 ribu warga Yahudi sebelum revolusi Islam pecah tahun 1979. Namun, kebanyakan dari mereka melarikan diri, terutama ke Amerika Serikat, Israel dan Eropa. Saat ini masih ada sekitar 8.500 warga Yahudi yang tinggal di Teheran, Isfahan, Shiraz, kota-kota besar lain di sebelah di selatan Ibu Kota Iran.

Ini bukan pertama kalinya bahwa Rouhani mengucapkan Rosh Hashanah bagi warga Yahudi. Pada 2013, lalu Rouhani juga mengucapkan hal serupa via Twitter.”Seperti matahari diatur di sini, di Tehran, Saya berharap semua orang Yahudi, orang-orang Yahudi khususnya Iran, diberkati dalam Rosh Hashanah,” bunyi ucapan Rouhani kala itu.

Tapi, Penasihat Presiden Iran, Mohammad Reza Sadeq, membantah jika Presiden Rouhani mengucapkan selamat tahun baru bagi warga Yahudi.”Bapak Rouhani tidak memiliki akun Twitter,” katanya, kala itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5414 seconds (0.1#10.140)