Rusia Coba Buat Tank Tanpa Awak

Senin, 22 Juni 2015 - 14:46 WIB
Rusia Coba Buat Tank Tanpa Awak
Rusia Coba Buat Tank Tanpa Awak
A A A
MOSKOW - Film "Terminator" nampaknya menjadi salah satu inspirasi Rusia dalam mengembangkan senjata mereka. Negeri Beruang Merah itu dikabarkan sedang berusaha untuk membuat robot tank, seperti yang ada di film yang dibintangi Arnold Schwarzenegger itu.

Melansir Sputnik pada Senin (22/6/2015), para ilmuwan Rusia disebut sedang mencoba mengembangkan teknologi terbaru yang akan diterapkan di tank Armanta. Rusia mencoba membuat tank itu bisa bergerak nyaris tanpa awak, atau dengan teknologi drone.

Menurut Ilya Demchenko, wakil kepala dari pusat pengemabangan tank tersebut mengatakan, pihaknya akan mencoba menempatkan sebuah komputer pintar di dalam tank tersebut. Teknologi ini akan memungkinkan kru menggerakan tank dari jarak jauh.

"Sistem komputer di dalam kontrol tank akan menjadi hal yang paling teknis di dalam tank tersebut. Ini akan memudahkan kru menjalankan tugas mereka. Untuk para kru, menjalankan tank itu akan menjadi seperti bermain video game, mereka hanya harus membuat keputusan akhir," kata Demchenko.

Tank Armanta sendiri merupakan salah satu tank tercanggih di kelasnya saat ini. Tank ini diharapkan bisa menjadi tulang punggung kekuatan militer Rusia, dan kembali membawa negara itu ke masa jayanya, seperti para era Uni Soviet.

Sementara itu, rencana Rusia ini ternyata menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi negara-negara Barat. Para ahli militer di Barat takut, jika Rusia bisa mengembangkan tank ini, maka medan tempur akan menjadi "arena bermain" dan diyakini Rusia bisa menekan jumlah korban dalam perang dengan teknologi tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7363 seconds (0.1#10.140)