Keturunan RI di Filipina seperti Rohingya, Ini Reaksi Pemerintah

Kamis, 04 Juni 2015 - 15:42 WIB
Keturunan RI di Filipina seperti Rohingya, Ini Reaksi Pemerintah
Keturunan RI di Filipina seperti Rohingya, Ini Reaksi Pemerintah
A A A
JAKARTA - Direktur Perlindungan Warga Negara dan Bantuan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan bahwa, Pemerintah Indonesia siap menerima warga keturunan Indonesia yang ada di Filipina. Warga keturunan itu mengalami nasib seperti warga Rohingya yang status kewarganegaraannya tidak diakui.

”Ini masalah sudah cukup lama, yang jelas kita ada upaya menyelesaikan masalah itu. Kita, Pemerintah Indonesia selalu membuka diri kepada mereka yang ingin menetapkan statusnya sebagai warga negara Indonesia, artinya memberikan (kewarganegaraan) Indonesia,” kata Iqbal, pada Kamis (4/6/2015).

Menurutnya, Pemerintah Filipina sejatinya juga siap menerima para warga keturunan Indonesia tersebut. Tapi, mereka harus memenuhi syarat-syarat seperti yang ditetapkan Pemerintah Filipina. (Baca: Nasib Keturunan Indonesia di Filipina seperti Rohingya)

”Pihak Filipina juga demikian, bersedia, dengan syarat-syarat. Bagi yang memenuhi syarat dapat melakukan naturalisasi menjadi warga negara Filipina. Jadi, proses yang paling penting, yang harus dilakukan adalah pendataannya,” ujar dia.

Diplomat Indonesia menjelaskan bahwa, sejauh ini Pemerintah Indonesia belum mendapatkan kabar bahwa warga keturunan Indonesia mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan dari Pemerintah Filipina. Iqbal yakin, Fiilipina tidak akan melakukan tindakan seperti itu, karena negara itu meruapakan negara yang meneken konvensi soal pengungsi.

Sebelumnya diberitakan Sindonews.com, bahwa ada ribuan warga keturunan Indonesia yang tinggal dan menetap di wilayah Filipina selatan. Status mereka sama seperti warga minoritas Rohingya yang tidak diakui kewarganegaraannya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6669 seconds (0.1#10.140)
pixels