Iran Kembali Dihantui Sanksi

Minggu, 31 Mei 2015 - 16:03 WIB
Iran Kembali Dihantui Sanksi
Iran Kembali Dihantui Sanksi
A A A
WASHINGTON - Baru saja Iran merasakan sedikit kebebasan dari beratnya sanksi, kini negara itu kembali dihantui oleh sanksi lain. Hal ini dikarenakan, enam kekuatan dunia yakni Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Rusia dan Cina telah sepakat untuk kembali menjatuhkan sanksi kepada Iran.

Bahkan, ancaman sanksi yang lebih berat dari sebelumnya muncul jika sampai tanggal 30 Juni belum ada kesepakatan yang tercapai soal teknologi nuklir Iran. Akhir Juni merupakan batas akhir negosiasi teknologi nuklir dengan Iran, berdasarkan kesepakatan yang tercapai di Prancis beberapa waktu lalu.

Seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (31/5/2015), enam negara kekuatan dunia menyatakan ancaman ini sangat diperlukan guna menekan Iran soal kesepakatan nuklir tersebut. Salah satu yang coba ditekan adalah agar PBB mendapatkan akses untuk bisa masuk ke situs nuklir Iran di Teheran dan beberapa kota lainnya, sesuai dengan kepakatan di Prancis.

Sementara itu, seorang diplomat senior Iran mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan langkah lanjutan guna menghalau ancaman yang dilontarkan oleh enam negara tersebut. Mereka sedang menyiapkan beberapa syarat, salah satunya berbunyi jika enam negara tersebut tidak patuh pada kesepakatan, maka Iran bebas melakukan apapun dengan teknologi nuklir yang mereka miliki.

"Setidaknya tiga atau empat saran yang berbeda telah diletakkan di atas meja, dan saat ini sedang ditinjau. Iran juga bisa langsung melanjutkan kegiatannya jika pihak lain yang terlibat tidak memenuhi kewajiban mereka di bawah kesepakatan," kata diplomat itu.

Dirinya mengatakan, isu ini sangatlah senisitif, sehingga diperlukan pembahasan lebih lanjut yang melibatkan semua pihak yang terlibat dalam negosiasi ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6443 seconds (0.1#10.140)
pixels