Ini Teori Sumber Suara Mirip Terompet di Langit

Selasa, 26 Mei 2015 - 21:52 WIB
Ini Teori Sumber Suara Mirip Terompet di Langit
Ini Teori Sumber Suara Mirip Terompet di Langit
A A A
MONTANA - Beberapa dugaan mengenai asal suara aneh mirip bunyi terompet dari langit yang terdengar di Jerman, Kanada, Amerika Serikat (AS), Ukraina dan Belarusia mulai bermunculan. Berbagai teori pun muncul, mulai dari berbau mistis hingga yang ilmiah.

Melansir Daily Mail pada Selasa (26/5/2015), dalam teori pertama, beberapa peneliti menduga suara tersebut berasal dari gesekan antar lempeng bumi atau bencana alam, seperti gempa bumi, gelombang air pasang, atau ledakan gas metana.

Sedangkan beberapa peniliti lainnya menduga suara tersebut berasal dari tekanan atmosfir. Lalu ada juga yang menyebut suara aneh tersebut berasal dari gesekan kereta dengan rel dan kabel di atasnya.

Selain teori ilmiah, muncul juga beberapa teori yang sedikit berbau mistis, seperti salah satunya menyebut bunyi dari suara mesin pesawat milik alien yang melintasi bumi. Ada juga teori yang menyebut bunyi itu adalah bunyi terompet sangkakala, yang dalam ajaran Islam merupakan salah satu tanda bahwa akhir zaman sudah dekat.

Sebelumnya, Badan Antariksa AS (NASA) mengatakan bunyi itu kemungkinan berasal dari kebisingan di Bumi. “Jika manusia memiliki antena radio bukan telinga, kita akan mendengar sebuah simfoni luar biasa dari suara-suara aneh yang datang dari planet kita sendiri. Para ilmuwan menyebutnya 'tweeks', 'whistlers'dan 'Sferics',” bunyi pernyataan NASA.

”Mereka terdengar seperti musik dari latar belakang film fiksi ilmiah, tapi ini bukan fiksi ilmiah. Ini emisi dari bumi yang nyata, meskipun kami sebagian besar tidak menyadarinya,” imbuh NASA. Sejatinya, bunyi aneh mirip terompet ini juga pernah terdengar di Belarusia tahun 2008 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3250 seconds (0.1#10.140)