Kalahkan Tomahawk AS, India Jajal Rudal Supersonik BrahMos

Sabtu, 14 Februari 2015 - 16:44 WIB
Kalahkan Tomahawk AS, India Jajal Rudal Supersonik BrahMos
Kalahkan Tomahawk AS, India Jajal Rudal Supersonik BrahMos
A A A
NEW DELHI - India pada Sabtu (14/2/2015) berhasil menguji tembak rudal supersonik BrahMos. Rudal canggih yang dikembangkan dengan bantuan Rusia ini mengalahkan rudal Tomahawk Amerika Serikat dalam hal kecepatan.

Rudal supersonik BrahMos memiliki jangkauan sekitar 180 mil atau 290 kilometer. Rudal canggih India ini juga mampu membawa hulu ledak yang beratnya mencapai lebih dari 661 pound atau 300 kilogram.

Uji tembak rudal BrahMos ini berhasil dilakukan India hari ini di atas kapal Angkatan Laut INS Kolkata. Menurut pernyataan dari BrahMos Aerospace, perusahaan patungan Rusia-India, peluncuran rudal supersonik mereka sempurna, karena memenuhi semua parameter yang dirancang.

Menurut Indo-Asian News, rudal supersonik BrahMos ini memiliki kecepatan maksimal 2,8 Mach atau tiga kali lebih cepat dari laju rudal jelajah subsonik Tomahawk milik AS.

”Angkatan Laut India menugaskan (armada) INS Kolkata sejak 16 Agustus 2014. Ini adalah kapal pertama pada kelasnya serta dua kapal lain,” kata BrahMos Aerospace dalam sebuah pernyataan di situsnya, mengacu kapal-kapal India yang dilengkapi sistem rudal canggih itu.

”Semua, tiga kapal ini dilengkapi dengan Sistem Rudal BrahMos vertikal yang meluncurkan tembakan supersonik sebagai senjata utama,” lanjut perushaan itu.

CEO BrahMos Aerospace, Sudhir Kumar Mishra, pernah mengatakan bahwa rudal jelajah supersonik yang baru bisa meninggalkan musuh dalam kondisi tak berdaya, karena tidak ada perlindungan efektif untuk menahan terjangan rudal Supersonik BrahMos. ”Kecepatan supersonik adalah keuntungan utama BrahMos,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4588 seconds (0.1#10.140)