Putin: Kami Tekan Separatis, AS Harus Menekan Kiev

Selasa, 22 Juli 2014 - 21:18 WIB
Putin: Kami Tekan Separatis, AS Harus Menekan Kiev
Putin: Kami Tekan Separatis, AS Harus Menekan Kiev
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Selasa (22/7/2014) menyatakan, dirinya akan menggunakan pengaruhnya terhadap kaum separatis. Dirinya akan meminta separatis untuk membebaskan para tim investigas internasional untuk memasuki lokasi jatuhnya MH17.

Melansir Reuters, di lain sisi, Putin juga meminta kepada Amerika Serikat (AS) untuk menekan pemerintah Ukraina agar segera menghentikan operiasi militer mereka di Ukraian timur dan segera mengumumkan gencatan senjata.

“Kami diminta untuk menggunakan pengaruh kami terhadap para separatis, tentu saja kami akan mengabulkan pemintaan tersebut. Kami akan melakukan segala sesuatu yang kami bisa lakukan, tetapi itu saja tidak cukup,” ungkap Putin.

“Pada akhirnya, ada suatu kebutuhan yang harus dipenuhi pihak lain. Pihak berwenang di Kiev harus bisa menghormati norma-norma dasar kesopanan, atau setidaknya dalam waktu dekat mereka mengumumkan gencatan senjata,” Putin menambahkan.

Dirinya juga meminta kepada negara-negara Barat dan Uni Eropa untuk tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri Rusia. UE dan Barat rencananya akan memberlakukan embargo senjata terhadap Rusia.

Pernyataan Putin ini merupakan respon terbaru dari serangakaian kritik yang terus dilontarkan oleh Barat dan sekutunya terhadap Rusia sejak insiden jatunya pesawat MH17 di Ukraina timur, pekan lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4634 seconds (0.1#10.140)