Timur Tengah

3 tewas dalam dua ledakan bom di Irak

Minggu,  3 Maret 2013  −  21:02 WIB
3 tewas dalam dua ledakan bom di Irak
Ledakan bom di Baghdad, Irak (Istimewa)

Sindonews.com - Kementrian Dalam Negeri Irak mengatakan dua bom meledak di Ibu Kota Baghdad dan Kota Karbala, kota yang disucikan pengikut Syiah, Minggu (3/3/2013). Sedikitnya tiga orang dilaporkan tewas sementara 19 orang lainya menderita luka-luka akibat ledakan tersebut.
 
Serangan bom pertama terjadi di timur Ibu Kota Baghdad. Dua buah bom meledak di pinggir jalan di lingkungan pemukiman Syiah di Hussieniyah. Ledakan tersebut menewaskan dua orang dan melukai 10 orang penduduk sipil.
 
Serangan bom kedua terjadi di  pinggir jalan, ditengah jalu tempat ziarah makam Imam al-Abbas dan Imam al-Hussien di Kota Karbala. Sebuah sumber mengatakan, serangan bom tunggal tersebut menewaskan seorang warga sipil dan melukai sembilan orang lainya.
 
Sampai berita ini diturunkan belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom tersebut.
 
Memasuki 2013 ini, gerilyawan Sunni telah meningkatkan operasi penyerangan untuk melemahkan pemerintah Irak yang dipimpin oleh kelompok Syiah. Kelompok pemberontak Irak yang berafiliasi dengan al-Qaeda, sejak tahun lalu telah bersumpah untuk mengambil kembali tanah yang hilang selama perang panjang dengan Amerika Serikat. Kelompok ini juga telah mendesak kaum Sunni Irak untuk bangkit melawan pemerintahan Perdana Menteri Nuri al-Maliki.
 
Fakta ini menunjukan, bahwa gerilyawan Sunni yang menentang pemerintah sedang mencari cara untuk memperluas kampanye mereka guna kian menyalakan ketegangan terhadap pemerintahan pimpinan kaum Syiah.


(esn)

views: 593x
shadow