Timur Tengah

Negara Arab sekutu AS kecam intervensi Iran di Suriah

Selasa,  25 Desember 2012  −  21:56 WIB
Negara Arab sekutu AS kecam intervensi Iran di Suriah
Pertemuan GCC di Bahrain (Reuters)

Sindonews.com – Negara-negara Arab yang menjadi sekutu Amerika Serikat dan tergabung dalam Gulf Cooperation Council (GCC) mendesak Iran untuk menghentikan campur tangan dalam konflik regional, terutama dalam perang saudara di Suriah. Pernyataan ini disampaikan usai pertemuan negara Arab anggota GCC di Bahrain, Selasa (25/12/2012).

"Dewan menyatakan penolakan dan kecaman atas campur tangan Iran dalam urusan negara-negara Gulf Cooperation Council dan menyerukan Iran untuk menghentikan kebijakan itu," sebut pernyataan bersama GCC, seperti dikutip dari Reuers.

GCC adalah kelompok yang terdiri dari enam negara Arab pengekspor minyak di kawasan Teluk. Negara anggota GCC adalah Arab Saudi, Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, dan Kuwait.

GCC juga menyerukan pada masyarakat internasional untuk memberikan semua bentuk bantuan kemanusiaan yang mendesak bagi rakyat Suriah. GCC berharap, ada tindakan untuk menghentikan pembunuhan massal dan pelanggaran hukum internasional yang terjadi di Suriah.

“Kami meminta masyarakat internasional untuk bergerak serius dan cepat untuk menghentikan pembantaian dan serangan-serangan yang parah yang bertentangan semua agama dan hukum internasional dan kemanusiaan prinsip,” sebut pernyataan GCC yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal GCC Abdulatif al-Zayani.


(esn)

views: 2.015x
shadow