Terancam demo anarkis, AS tutup kedutaan di RI

Kamis, 20 September 2012 - 14:11 WIB
Terancam demo anarkis, AS tutup kedutaan di RI
Terancam demo anarkis, AS tutup kedutaan di RI
A A A
Sindonew.com – Seluruh Kantor Perwakilan Amerika Serikat (AS) di Indonesia akan ditutup besok, Jumat 21 September 2012, menanggapi beredarnya ancaman demo anarkis di Surabaya yang tersebar melalui pesan berantai BlackBerry Mesengger (BBM).

Kedutaan AS di Indonesia mengumumkan bahwa besok mereka berencana menutup seluruh gedung kedutaan, konsulat dan sejumlah kantor keagenan AS di Indonesia pada Jumat 21 September 2012 besok.

Adapun kantor AS yang ditutup adalah Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Kantor Perwakilan Amerika Serikat di Medan, Kantor Agen Konsuler Amerika Serikat di Bali, dan Misi Amerika Serikat untuk ASEAN.

Kedutaan AS di Indonesia menyarankan warga AS agar menghindari kerumunan besar dan sejumlah pertemuan yang mungkin akan berujung pada aksi kekerasan. Dan akan terus memantau situasi serta memberikan informasi lebih lanjut, jika diperlukan.

Kedutaan AS juga menyarankan warga AS yang sedang mengadakan perjalanan di Indonesia untuk mendaftar dalam Program SMART dan memperbarui informasi pribadi dengan Kedubes AS Jakarta, Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Kantor Perwakilan AS di Medan atau Kantor Agen Konsuler AS di Bali.

Pendaftaran bertujuan untuk memfasilitasi kontak Misi AS dengan warga negara Amerika dalam keadaan darurat, dan dapat dilakukan secara online sebelum perjalanan dilaksanakan.

Informasi tentang Program SMART dapat diakses dari situs Department Luar Negeri Amerika Serikat, bagian Konsuler di http://step.state.gov dan di situs Kedubes Amerika Serikat di http://jakarta.usembassy.gov.

Warga AS dapat memonitor informasi keamanan terbaru melalui situs Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, bagian Konsuler di http://travel.state.gov. Informasi terkini mengenai keamanan juga dapat diperoleh dengan menghubungi 1-888-407-4747 bebas pulsa di Amerika Serikat dan Kanada, atau, untuk penelepon di luar Amerika Serkat dan Kanada, dapat menghubungi nomor 1-202-501 - 4444.

Sebelumnya, warga Surabaya dibuat resah oleh pesan berantai yang tersebar melalui BlackBerry Mesengger (BBM). Pesan itu berisi agenda demo rusuh sehabis salat Jumat 21 September 2012 besok, baik dengan menggunakan bom molotov, atau alat lainnya.

Dalam pesan itu tertulis, aksi demo akan dimulai dari Masjid Al-Falah, Jalan Raya Darmo, Surabaya ke beberapa tempat yang merepresentasikan milik Amerika. Adapun ormas yang dikabarkan akan menggelar demo adalah Front Pembela Islam (FPI), Jamaah Anshoru Tauhid (JAT), dan Majelis Mujahiddin Indonesia (MMI).

Para ormas itu, dikabarkan tergabung dalam Gabungan Masyarakat Islam Surabaya (GAMIS).
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3826 seconds (0.1#10.140)