Trump pada China: Simpan Saja Drone yang Kalian Curi!

Minggu, 18 Desember 2016 - 16:34 WIB
Trump pada China: Simpan Saja Drone yang Kalian Curi!
Trump pada China: Simpan Saja Drone yang Kalian Curi!
A A A
WASHINGTON - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump meminta China untuk tidak mengembalikan drone AS yang mereka curi. Trump secara tersirat menyatakan tidak membutuhkan drone yang dicuri oleh China itu.
"Kita harus memberitahu Cina, bahwa kita tidak ingin drone yang telah mereka curi, biarkan mereka menyimpannya!" kata Trump melalui akun Twitternya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (18/12).
Seperti diketahui, Angkatan Laut China merebut drone bawah air (UUV) AS pada Kamis lalu. Insiden ini sendiri sebelumnya sempat mengundang kecaman dari Trump yang bersumpah akan mengambil tindakan yang lebih agresif dalam menangani Beijing.
China kemudian mengatakan akan mengembalikan pesawat tak berawak bawah air AS yang disita oleh kapal Angkatan Laut di Laut China Selatan. Beijing mengeluhkan sikap Washington yang terlalu berlebihan dalam menyikapi insiden itu.
Kementerian Pertahanan mengatakan, sebuah kapal Angkatan Laut China menemukan 'peralatan tak dikenal' dan memeriksanya untuk mencegah masalah keamanan navigasi, sebelum akhirnya mengetahui jika itu adalah drone milik AS.
"China memutuskan untuk mengembalikan ke AS dengan cara yang tepat, serta China dan AS telah melakukan komunikasi yang panjang tentang hal itu," kata kementerian pertahanan di situsnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4307 seconds (0.1#10.140)