alexa snippet

Israel Berencana Kembali Borong F-35 Buatan AS

Israel Berencana Kembali Borong F-35 Buatan AS
Israel dilaporkan akan kembali memborong jet tempur F-35 buatan pabrikan asal Amerika Serikat (AS), Lockheed Martin. Foto/Reuters
A+ A-
YERUSALEM -  Israel dilaporkan akan kembali memborong jet tempur F-35 buatan pabrikan asal Amerika Serikat (AS), Lockheed Martin. Israel rencananya akan membeli 17 unit jet tempur generasi terbaru AS itu.

"Israel akan kembali membeli 17 unit jet tempur F-35, 17 unit dari yang direncanakan sebelumnya," kata kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netantahu, seperti dilansir Russia Today pada Senin (28/11).

"Dengan tambahan terbaru, Angkatan Udara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan memiliki total 50 jet tempur F-35, yang sampai saat ini masih tertunda pengirimanya," sambungnya.

Pemerintah Israel dilaporkan akan mengeluarkan dana hingga 6,6 miliar NIS atau sekitar USD 1,7 miliar untuk membeli 17 unit F-35 tambahan.

Sementara itu, menurut laporan Harretz gelombang pertama pengiriman F-35, versi Israel, yang dijuluki Adir (bahasa Ibrani untuk perkasa atau mulia), dijadwalkan akan tidak di pangkalan Angkatan Udara Nevatim dalam dua hingga tiga minggu kebdepan.

Israel sendiri menandatangani kontrak pertama untuk membeli 19 unit F-35 pada tahun 2010. Lalu, pada tahun 2015 Israel kembali menandatangi kontrak untuk pembelian 14 unit jet F-35. Sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali membeli 17 unit jet tempur tersebut.



(esn)
dibaca 31.428x
loading gif
Top