China Buka Jembatan Kaca Tertinggi Sejagad Buatan Israel

Selasa, 23 Agustus 2016 - 00:48 WIB
China Buka Jembatan Kaca Tertinggi Sejagad Buatan Israel
China Buka Jembatan Kaca Tertinggi Sejagad Buatan Israel
A A A
YUNTAI - China membuka jembatan kaca di Yuntai, Provinsi Henan, yang diklaim tertinggi dan terpanjang di dunia. Jembatan kaca buatan Israel ini pernah diuji dengan dihantam palu godam dan digilas mobil.

Jembatan kaca transparan ini dibangun di Taman Nasional Zhangjiajie oleh arsitek Israel, Haim Dotan. Tingginnya hampir 1.000 kaki atau sekitar 300 meter dari permukaan tanah. Sedangkan panjangnya sekitar 1.410 kaki atau sekitar 430 meter.

Pemerintah setempat berencana untuk mengadakan fashion show di jembatan kaca yang rampung dibangun Desember lalu dengan biaya USD3,4 juta itu.

China Buka Jembatan Kaca Tertinggi Sejagad Buatan Israel


Meskipun banyak yang khawatir tentang keselamatan jika berjalan di atas jembatan kaca tersebut, para pejabat Pemerintah China menjamin bahwa jembatan sepenuhnya aman. Uji coba dengan hantaman palu godam dan gilasan mobil berpenumpang pada Juni lalu sebagai buktinya.

Dotan mengatakan bahwa dia awalnya menolak keras gagasan membangun sebuah jembatan di atas jurang.

“‘Mengapa Anda ingin jembatan? Ini terlalu indah’,” kata dia mengingat apa yang dia katakana kepada pengembang saat itu.

”Akhirnya, Saya mengatakan kepadanya; ‘Kita bisa membangun jembatan tapi dengan satu syarat; Saya ingin jembatan ‘menghilang’.”

Menurut kantor berita Xinhua, Senin (22/8/2016), jembatan tersebut terbuat dari 99 panel kaca bening dengan lebar enam meter. Jembatan dapat menampung hingga 800 orang pada saat yang bersamaan.

”Saya ingin merasa kagum terinspirasi oleh jembatan ini. Tapi saya tidak takut, tampaknya aman,” kata Wang Min, warga yang sedang mengunjungi struktur jembatan dengan suami dan anak-anaknya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3005 seconds (0.1#10.140)