Berpisah dengan Sahabat Membaca Surat Al-Asr, Begini Keutamaanya

Selasa, 06 Juni 2023 - 16:30 WIB
loading...
Berpisah dengan Sahabat Membaca Surat Al-Asr, Begini Keutamaanya
Orang yang membaca surat al-Ashr kelak akan dibangkitkan di hari kiamat dengan wajah bercahaya. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Imam At-Thabrani di dalam kitab Al-Mu’jam Al-Ausath telah meriwayatkan satu hadis sebagai berikut:

عَنْ أَبِي مَدِينَةَ الدَّارِمِيِّ رضي الله عنه وَكَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ قَالَ: كَانَ الرَّجُلانِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم إِذَا الْتَقَيَا لَمْ يَفْتَرِقَا حَتَّى يَقْرَأَ أَحَدُهُمَا عَلَى الآخَرِ: {وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ} , ثُمَّ يُسَلِّمَ أَحَدُهُمَا عَلَى الآخَرِ” رواه الطبراني


Dari Abi Madinah Ad-Darimi, ia adalah seorang sahabat, ia berkata, "Ada dua sahabat Rasulullah SAW yang ketika bertemu mereka tidak akan berpisah kecuali salah satu dari mereka membaca kepada yang lainnya surah Al-Asr (Wal Asri innal insana lafii khusrin), kemudian salah satu dari mereka mengucapkan salam kepada yang lainnya." (HR At-Tabrani).



Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-'Ashr adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-'Ashr termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya kelak akan dibangkitkan di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa dan bergembira hingga masuk surga.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-'Ashr di dalam salat sunahnya, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa, dan berbahagia hingga ia masuk surga.” (Tsawabul A’mal: 155)

Ketiga, diriwayat dari Nabi bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah mencatatnya sepuluh kebaikan, mengakhiri hidup dengan keadaan baik (khusnul khatimah), termasuk dalam orang-orang yang melakukan kebenaran. Dan jika dibacakan di atas harta yang dikuburkan di bawah tanah, atau disimpan, maka Allah akan menjaganya hingga pemiliknya mengeluarkannya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 379)



Berikut selengkapnya bunyi surat Al-Asr tersebut:

وَالۡعَصۡرِۙ

Wal' asr
1. Demi masa,

اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ

Innal insaana lafii khusr

2. sungguh, manusia berada dalam kerugian,

اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ

Il lal laziina aamanu wa 'amilus saali haati wa tawa saw bil haqqi wa tawa saw bis sabr

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)