Tolak Penunjukan Lieberman, Menteri Lingkungan Israel Mengundurkan Diri

Jum'at, 27 Mei 2016 - 21:50 WIB
Tolak Penunjukan Lieberman, Menteri Lingkungan Israel Mengundurkan Diri
Tolak Penunjukan Lieberman, Menteri Lingkungan Israel Mengundurkan Diri
A A A
YERUSALEM - Menteri Perlindungan Lingkungan Israel, Avi Gabbay, mengundurkan diri dari jabatannya di tengah penunjukkan tokoh ultra nasionalis Avigdor Lieberman sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Gabbay menilai, penunjukkan Lieberman sebagai Menhan telah "memotong keamanan Israel."

"Langkah-langkah politik yang baru-baru ini terjadi dan penggantian menteri pertahanan, di mata saya, sebuah tindakan serius yang mengabaikan apa yang terbaik bagi keamanan negara ini," kata Gabbay, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (27/5/2016).

Dia juga mengatakan, langkah tersebut akan menyebabkan polarisasi yang lebih besar di antara orang-orang Israel. Ia juga menyatakan tidak dapat menjadi mitra, atau melayani pemerintahan lagi saat ini, di tengah sikap keras Lieberman.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Avigdor Lieberman sepakat untuk membangun koalisi. Lieberman pun ditunjuk menjadi Menhan menggantikan Moshe Ya'alon.

Netanyahu dan Lieberman menandatangani perjanjian koalisi pada Rabu lalu. Netanyahu berusaha untuk memperluas koalisinya, yang hanya unggul dua suara, 61-59, atas kelompok oposisi di parlemen.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4744 seconds (0.1#10.140)