China Bantah Lakukan Manuver Berbahaya Saat Cegat Pesawat AS

Kamis, 19 Mei 2016 - 18:41 WIB
China Bantah Lakukan Manuver Berbahaya Saat Cegat Pesawat AS
China Bantah Lakukan Manuver Berbahaya Saat Cegat Pesawat AS
A A A
BEIJING - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei, membenarkan jika jet tempur China mencegat pesawat pengintai milik Amerika Serikat (AS) di Laut China Selatan. Namun, ia menegaskan kalau jet tempur China melakukannya dalam jarak yang aman dan tidak melakukan manuver berbahaya.

"Menurut informasi yang kami terima dari organ pertinient, laporan AS tidak benar. Pada 17 Mei, sebuah pesawat pengintai AS itu terbang dekat dengan pulau Hainan di China dan melakukan operasi pengintaian," terang Lei.

"Dua pesawat Cina membayangi pesawat AS sejalan dengan hukum dan menjaga jarak aman dari pesawat AS dan tidak membuat manuver berbahaya," imbuh Lei selama jumpa pers, seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (19/5/2016).

Sebelumnya, Pentagon mengatakan bahwa dua pesawat tempur China mencegat pesawat pengintai AS di atas perairan internasional di Laut China Selatan. Pentagon menyatakan, jet-jet tempur China melakukan tindakan berbahaya.

Menurut seorang pejabat militer AS, dua jet tempur China bergegas mencegat pesawat mata-mata AS dan datang dengan jarak yang begitu dekat. Mereka memaksa pilot pesawat AS untuk turun beberapa ratus kaki untuk menghindari tabrakan. Pesawat AS saat itu tengah menjalankan operasi rutin di wilayah tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5693 seconds (0.1#10.140)