10 Jurusan Kuliah yang Tak Bisa Digantikan oleh AI, Prospek Masa Depan!

Rabu, 10 Mei 2023 - 16:46 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Tak Bisa Digantikan oleh AI, Prospek Masa Depan!
Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang tidak bisa digantikan oleh AI. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang tidak bisa digantikan oleh AI. Seiring berkembangnya teknologi, keberadaan robot AI atau kecerdasan buatan semakin canggih meniru semua pekerjaan manusia.

Dengan adanya kemajuan tersebut, seorang calon mahasiswa harus selalu lebih kompetitif dan selektif dalam memilih jurusan kuliah. Namun perlu diketahui tidak semua jurusan akan punah atau digantikan oleh AI. Adapun jurusan yang tidak digantikan oleh AI adalah sebagai berikut:


Berikut 10 jurusan kuliah yang tidak akan digantikan oleh AI:

1. Jurusan Filsafat

Filsafat menjadi salah satu jurusan yang akan pernah digantikan oleh teknologi atau robot. Hal itu disebabkan karena ilmu lahir dari sebuah hasil pemikiran dan imajinasi manusia yang mendalam, serta bersumber dari disiplin ilmu filsafat.

2. Komunikasi, Sastra dan Ilmu Budaya

Komunikasi, Sastra dan Ilmu Budaya merupakan tiga disiplin ilmu yang berbeda. Ketiganya sama-sama membutuhkan kreativitas dari pemikiran manusia. Namun, kreatifitas ini sangat membutuhkan emosional manusia, oleh karenanya peran tersebut tidak bisa digantikan oleh AI.

3. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika merupakan lumbung atau tempat terciptanya orang-orang yang akan melahirkan penemu teknologi cerdas. Oleh karenanya, seorang rekayasawan teknik informatika tidak akan lahir dari kecerdasaan buatan.

4. Pendidikan

Selama ini mungkin robot bisa berguna untuk menghafal berbagai informasi dan membantu dalam hal pendidikan. Namun, kualitas pendidikan tidak hanya sebata intelegensi saja. Akan tetapi dibutuhkan kecerdasan emosional untuk membimbing.


5. Hukum

Jurusan Hukum juga termasuk jurusan yang tidak akan digantikan oleh kecerdasan buatan. Sebab, hanya manusialah yang mampu membuat pertimbangan yang adil dan bermoral dibandingkan dengan robot.

6. Manajemen

Ketika penggunaan robot sudah meluas dan berkembang pesat, tentu membutuhkan sosok yang berguna untuk mengaturnya. Jurusan manajemen dapat dibutuhkan untuk mengendalikan teknologi tersebut, guna dapat berjalan dengan lancar.

7. Psikologi

Jurusan psikologi menjadi jurusan yang selamanya tidak akan digantikan oleh robot. Hal ini dikarenakan Psikologi menjadi jurusan yang akan melahirkan orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional dan empati.

8. Agama

Hingga saat ini, robot maupun kecerdasan buatan lainnya belum ada yang bisa menggantikan aktivitas keagamaan. Oleh karenanya, disiplin ilmu agama menjadi salah satu jurusan kuliah yang tidak akan punah.

9. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro menjadi jurusan yang akan mendorong terjadinya perubahan teknologi. Sehingga jurusan ini tidak akan digantikan oleh robot atau teknologi itu sendiri.

10. Kedokteran

Meski robot dapat melakukan beberapa hal dalam dunia medis, namun peran dokter tidak sepenuhnya digantikan oleh robot. Salah satunya karena pertimbangan dari seorang dokter terhadap pasiennya, tidak mungkin dilakukan oleh sebuah robot.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)