AS dan Meksiko Tangkap 24 Gangster Narkoba Jaringan El Chapo

Senin, 01 Februari 2016 - 13:47 WIB
AS dan Meksiko Tangkap 24 Gangster Narkoba Jaringan El Chapo
AS dan Meksiko Tangkap 24 Gangster Narkoba Jaringan El Chapo
A A A
ARIZONA - Operasi lintas batas antara aparat Amerika Serikat (AS) dan Meksiko berhasil menangkap 24 gangster kartel narkoba jaringan Joaquin Guzman alias El Chapo. Operasi penangkapan itu terjadi di Lukeville, Arizona, perbatasan AS dengan Meksiko.


Ke-24 gangster yang ditangkap adalah anggota kartel Sinaloa, salah satu kartel narkoba terbesar di Meksiko. Operasi berlangsung hari jumat pekan lalu. Selain menangkap 24 gangster, aparat gabungan juga menyita ratusan pound obat-obatan terlarang dan beberapa jenis senapan serbu.


Penangkapan gangster besar-besaran itu hanya berselang beberapa bulan setelah El Chapo ditangkap. Juru bicara Imigrasi dan Bea Cukai (ICE) AS, Gillian M. Christensen, yang ambil bagian dalam operasi itumengatakan, operasi melibatkan aparat Drug Enforcement Administration (DEA) dan Federal Bureau of Investigation (FBI) serta aparat penegak hukum Meksiko.


Sel Sinaloa ditargetkan karena bertanggung jawab atas impor jutaan pound obat-obatan terlarang, termasuk ganja, heroin, kokain dan methamphetamine, dari Meksiko ke AS selama keberadaan kartel itu,” kata Christensen dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip oleh AP, Senin (1/2/2016).


Organisasi ini juga bertanggung jawab atas penyelundupan jutaan dolar mata uang AS, bersama dengan senjata ke Meksiko,” lanjut dia.

Menurut Christensen, ICE membantu mengamankan Polisi Federal Meksiko selama mereka ambil bagian dalam operasi di wilayah AS. Dia juga memuji pihak berwenang Meksiko yang mencoba untuk mendata kartel narkoba.

ICE memuji Pemerintah Meksiko untuk tindakan berani mereka dalam mencatat organisasi kriminal ini dan untuk tekanan terus-menerus mereka pada Kartel Sinaloa di seluruh Meksiko,” kata Christensen.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4469 seconds (0.1#10.140)