Putar Haluan, Yordania Gabung dengan Koalisi Rusia

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 20:32 WIB
Putar Haluan, Yordania Gabung dengan Koalisi Rusia
Putar Haluan, Yordania Gabung dengan Koalisi Rusia
A A A
WINA - Yordania, salah satu anggota koalisi Amerika Serikat (AS) dalam memerangi ISIS di Suriah, memutuskan untuk memutar haluan dan bergabung dengan koalisi bentukan Rusia.

Keputusan Yordania bergabung dengan koalisi bentukan Rusia itu diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov.

"Rusia dan Yordania sepakat untuk menciptakan pusat koordinasi di Amman, yang nantinya akan digunakan oleh kedua negara untuk berbagi informasi tentang operasi kontra terorisme," begitu kata Lavrov seperti dikutip dari laman Russia Today, Jumat (23/10/2015).

Dikatakan oleh Lavrov, Yordania akan memainkan bagian yang positif dalam menemukan solusi politik dalam konflik di Suriah melalui negosiasi antara Damaskus dan pasukan oposisi. Peran inilah yang diinginkan oleh pihak Rusia.

"Berdasarkan perjanjian antara Yang Mulia Raja Abdullah II dan Presiden Rusia Vladimir Putin, militer dari kedua negara telah sepakat untuk mengkoordinasikan segala tindakan yang akan dilakukan, termasuk misi pesawat militer di atas wilayah Suriah," kata Lavrov.

Sedangkan rekannya Menteri Luar Negeri Yordania, Nasser Judeh, akan berfungsi sebagai komunikator bagi militer kedua negara. Dalam kesempatan itu, Lavrov juga menyerukan perlunya peningkatan upaya untuk mengalahkan ISIS dan kelompok militan lainnya di Suriah, serta memulai transisi politik.

"Ini akan memerlukan negosiasi skala penuh antara pemerintah Suriah dan seluruh spektrum oposisi, baik di dalam dan luar negeri, dengan dukungan aktif dari negara lain. Rusia akan mengambil bagian dalam menciptakan kondisi untuk tercapainya proses tersebut," kata Lavrov sembari menambahkan, Yordania mungkin memainkan peran yang positif dalam proses tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4035 seconds (0.1#10.140)