alexametrics

Kim Jong-un Izinkan Adiknya Tonton DVD Perayaan Hari Kemerdekaan AS

loading...
Kim Jong-un Izinkan Adiknya Tonton DVD Perayaan Hari Kemerdekaan AS
Kim Yo-jong, adik pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/REUTERS/Stringer
A+ A-
PYONGYANG - Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut), memberikan izin khusus untuk adik perempuannya; Kim Yo-jong, untuk menonton DVD perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS). Perempuan tersebut telah menjadi penasihat yang semakin menonjol untuk sang diktator muda Pyongyang.

Kim Yo-jong telah merilis pernyataan bahwa dia mendapat izin khusus dari kakaknya untuk menonton DVD tersebut. Pernyataan itu telah diterbitkan Korean Central News Agency (KCNA), kantor berita pemerintah Korea Utara.

Menurut laporan Reporters Without Borders, Korea Utara memiliki aturan ketat yang menyatakan siapa pun yang tertangkap melihat, membaca atau mendengarkan konten yang disediakan oleh outlet media yang berbasis di luar negeri berisiko dikirim ke kamp konsentrasi di mana pelecehan terjadi dan kondisi yang tidak manusiawi. (Baca: Adik Kim Jong-un Ancam Korsel, Korut Hendak Kerahkan Pasukan)

Tetapi pernyataan Kim Yo-jong yang mendapat izin dari kakaknya itu menjadi kejutan. Terlebih materi yang ditonton adalah perayaan Hari Kemerdekaan AS, negara yang selama ini dianggap Pyongyang menerapkan kebijakan bermusuhan. Amerika memperingati hari kemerdekaan saban 4 Juli.



"Saya mencoba secara pribadi mendapatkan DVD pada acara-acara Hari Kemerdekaan AS mulai sekarang, dan saya juga mendapat persetujuan dari Ketua untuk hal itu," bunyi pernyataan Kim Yo-jong.

Kim Yo-jong, sosok yang disebut-sebut sebagai calon pengganti kakaknya, bersikeras bahwa dia tidak ingin menulis surat yang memusuhi Amerika.



"Korea Utara tidak berniat merugikan AS. Kim Jong-un telah menjelaskan hal ini kepada Trump," ujarnya, yang dilansir Express.co.uk, Senin (13/7/2020).

Tetapi meskipun nada yang kedengarannya hangat untuk Presiden Donald Trump dan AS, dia juga menegaskan bahwa Korea Utara tidak memiliki niat untuk mengambil bagian dalam pembicaraan tatap muka lebih lanjut dengan pejabat Washington pada tahun ini.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak