Kremlin: AS dan NATO Ambil Bagian dalam Konflik Ukraina

Rabu, 11 Januari 2023 - 05:04 WIB
loading...
Kremlin: AS dan NATO Ambil Bagian dalam Konflik Ukraina
Kremlin menyebut AS dan NATO secara tidak langsung telah ambil bagian dalam konflik di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Amerika Serikat (AS) dan NATO telah mengambil bagian dalam konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina, meskipun secara tidak langsung.

Hal itu diungkapkannya mengomentari pernyataan yang dibuat sebelumnya oleh Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Rusia, Nikolay Patrushev, yang menyebut permusuhan yang sedang berlangsung sebagai konfrontasi NATO dengan Rusia.

"Baik NATO dan AS pasti mengambil bagian dalam konflik ini, meskipun secara tidak langsung, melalui proksi," kata Peskov seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (11/1/2023).

Ia menambahkan bahwa meskipun Washington dan Brussel bersikeras bahwa mereka tidak berniat terlibat dalam konflik antara Moskow dan Kiev, secara de facto mereka telah menjadi pihak tidak langsung di dalamnya.

AS dan sekutunya, kata Peskov, termasuk negara-negara NATO, memompa Ukraina dengan senjata, berbagi teknologi, dan data intelijen.



"Keterlibatan mereka dalam konflik ini jelas," tegas juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin itu.

Dikatakan oleh Peskov, Moskow tidak percaya bahwa tindakannya dapat semakin memprovokasi AS dan NATO untuk meningkatkan bantuan militer mereka ke Kiev karena hal itu sudah terjadi.

“Kami melihat bahwa peningkatan pasokan (militer) datang setiap hari,” kata juru bicara Kremlin itu.

Peskov juga menambahkan bahwa senjata yang semakin kuat dikirim dalam jumlah yang lebih besar karena negara-negara Barat mengintensifkan pelatihan pasukan Ukraina mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2159 seconds (0.1#10.140)