5 Perempuan Cantik Ini Ditunjuk Jadi Dubes Arab Saudi, Siapa Saja Mereka?

Kamis, 05 Januari 2023 - 19:26 WIB
loading...
5 Perempuan Cantik Ini Ditunjuk Jadi Dubes Arab Saudi, Siapa Saja Mereka?
Lima perempuan cantik ini ditunjuk menjadi duta besar bagi Arab Saudi. Foto/Al Arabiya
A A A
JAKARTA - Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir telah membuat langkah luar biasa untuk memberdayakan kaum perempuan dan menawarkan kesempatan yang lebih besar kepada kaum Hawa.

Upaya tersebut dilakukan sebagai bagian dari Visi transformatif Putra Mahkota Mohammad bin Salman 2030 yang bertujuan untuk meningkatkan posisi perempuan di Kerajaan Teluk Arab itu dan menawarkan kesempatan yang sama.

Sebagai wujud dari pemberdayaan itu, Arab Saudi telah menunjuk sejumlah perempuan sebagai duta besa guna mewakili Kerajaan di sejumlah negara di selyuruh dunia.

Berikut adalah 5 wanita yang dilantik sebagai Duta Besar Arab Saudi seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (5/1/2023).

1. Putri Reema binti Bandar al Saud

5 Perempuan Cantik Ini Ditunjuk Jadi Dubes Arab Saudi, Siapa Saja Mereka?

Foto: Business Insider

Putri Reema binti Bandar menjadi duta besar wanita pertama Arab Saudi pada tahun 2019 ketika Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dalam perannya sebagai wakil Raja, mengeluarkan keputusan kerajaan yang menunjuknya sebagai duta besar Kerajaan untuk Amerika Serikat (AS).

Putri Reema sebelumnya menjabat sebagai Wakil Perencanaan dan Pengembangan untuk Otoritas Olahraga Umum Saudi dan sebagai Wakil Presiden Otoritas untuk urusan wanita.

Dia juga menjabat sebagai Presiden Federasi Partisipasi Massa dan merupakan wanita pertama yang memimpin federasi multi-olahraga di Arab Saudi.

Dalam semua perannya, Putri Reema telah mengadvokasi pemberdayaan perempuan dan bekerja untuk memperluas peluang bagi perempuan Arab Saudi di dalam Kerajaan.

Ayahnya, Pangeran Bandar bin Sultan, juga pernah menjabat sebagai duta besar Arab Saudi untuk AS dari tahun 1983 hingga 2005.

2. Amal Yahya al-Moallimi

5 Perempuan Cantik Ini Ditunjuk Jadi Dubes Arab Saudi, Siapa Saja Mereka?

Foto: Vogue Arabia

Pada tahun 2020, Amal al-Moallimi diangkat sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Norwegia – menjadikannya duta besar wanita kedua Kerajaan.

Al-Moallimi memiliki gelar sarjana dalam Bahasa Inggris dari Universitas Putri Nora binti Abdul Rahman dan gelar sarjana dalam Komunikasi Massa dan Media dari Universitas Denver di AS.

Dia pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Organisasi dan Kerjasama Internasional di Komisi Hak Asasi Manusia Saudi pada 2019 dan sebelumnya adalah Asisten Sekretaris Jenderal di Pusat Dialog Nasional King Abdulaziz Arab Saudi.

3. Inas al-Shahwan

5 Perempuan Cantik Ini Ditunjuk Jadi Dubes Arab Saudi, Siapa Saja Mereka?

Foto: Al Arabiya

Inas al-Shahwan dilantik sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Swedia dan Islandia pada April 2021. Dia adalah wanita Arab Saudi ketiga yang ditunjuk untuk secara resmi mewakili Kerajaan.

Al-Shahwan memegang gelar master dalam hubungan internasional dari universitas Australia, serta sertifikat Program Kepemimpinan yang Muncul dari Universitas Harvard.

Selama upacara pengucapan sumpahnya, al-Shahwan menyoroti pemberdayaan perempuan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara tersebut di bawah bimbingan para pemimpin Kerajaan, SPA melaporkan pada saat itu.

Pada 2007, al-Shahwan bergabung dengan Kementerian Luar Negeri. Ini menjadikannya wanita pertama yang menjadi duta besar dari korps diplomatik. Dia juga memegang beberapa posisi di kementerian termasuk penasihat wakil menteri luar negeri untuk urusan politik.

Dia juga wanita pertama yang memegang posisi manajer departemen di departemen kementerian luar negeri untuk urusan politik dan ekonomi.

4. Haifa al-Jadea

5 Perempuan Cantik Ini Ditunjuk Jadi Dubes Arab Saudi, Siapa Saja Mereka?

Foto: Trend Detail News

Haifa al-Jadea ditunjuk sebagai duta besar dan kepala misi Kerajaan untuk Uni Eropa dan Komunitas Energi Atom Eropa (EAEC) pada 3 Januari 2023.

Al-Jadea meraih gelar master dalam resolusi konflik dan negosiasi dari Universitas Kolombia dan gelar master dalam hubungan internasional dari Universitas Syracuse, serta gelar sarjana dalam jurnalisme dari Universitas Syracuse.

Dia adalah salah satu dari delapan anggota tim eksekutif Saudi Research and Media Group (SRMG) dan merupakan CEO dari SRMG Think.

Al-Jadea sebelumnya bekerja di Pusat Penanggulangan Terorisme PBB sebelum pindah ke Riyadh untuk mengerjakan prakarsa dalam Visi Saudi 2030. Dia juga mewakili Arab Saudi di Dewan Keamanan PBB dan mengawasi Departemen Umum Hubungan Internasional di Kementerian Pariwisata Arab Saudi.

5. Nisreen al-Shibel

5 Perempuan Cantik Ini Ditunjuk Jadi Dubes Arab Saudi, Siapa Saja Mereka?

Foto: Al Arabiya

Nisreen binti Hamad al-Shibel diangkat sebagai duta besar Arab Saudi untuk Finlandia pada 3 Januari 2023 di Istana al-Yamamah. Dia mengambil sumpahnya di depan Raja Salman bin Abdulaziz.

Setelah upacara pengucapan sumpah, duta besar yang baru dilantik itu mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman di akun Twitter resminya.

“Saya menyampaikan terima kasih dan terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, dan kepada Yang Mulia Putra Mahkota - semoga Tuhan melindungi mereka - atas kepercayaan yang diberikan. Saya berdoa kepada Yang Mahakuasa agar saya memenuhi harapan mereka dan membantu saya melakukan pekerjaan saya sepenuhnya. Saya juga berterima kasih kepada Yang Mulia Menteri Luar Negeri atas dukungannya kepada para pegawai Kementerian Luar Negeri,” tulisnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)