Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat

Jum'at, 09 Desember 2022 - 15:19 WIB
loading...
Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat
Sejumlah kota mati di dunia punya kisah menyeramkan. Foto/Ilustrasi/Reader Digest
A A A
JAKARTA - Kisah kota mati yang ditinggalkan oleh penduduknya dapat dijumpai di seluruh dunia. Sebuah kota yang awalnya ramai kemudian ditinggalkan oleh penduduknya menciptakan kisah legenda urban yang membuat bulu kuduk berdiri.

Apa yang terjadi dengan kota-kota yang ditinggalkan ini? Tempat-tempat itu ditinggalkan karena berbagai alasan seperti keruntuhan ekonomi, perubahan rezim keruntuhan ekonomi, perubahan rezim, penyakit, perang, dan bencana alam — dan setiap rangkaian reruntuhan menceritakan kisahnya yang menarik.

Berikut adalah kota mati yang mempunyai kisah menyeramkan di seluruh dunia seperti dilansir dari Reader Digest, Jumat (9/12/2022).

1. Centralia, Pennsylvania, AS

Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat

Foto:Reader Digest

Pada tahun 1962, sebuah kebakaran misterius tersulut dari penyebab yang tidak diketahui di dalam endapan batu bara di bawah Centralia, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Selama batubara yang terbakar terkena oksigen, maka benda itu dapat terus menyala dan mengeluarkan gas berbahaya selama ratusan tahun. Karena belerang dan karbon monoksida merembes keluar dari tambang, kota berpenduduk 1.000 jiwa itu dievakuasi pada tahun 1992, dengan hanya belasan orang yang memilih untuk tinggal di rumah mereka. Itu adalah cerita yang cukup menyeramkan untuk menjadi salah satu legenda urban paling menakutkan.

2. Isla De Las Munecas, Meksiko

Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat

Foto:Reader Digest

Kota-kota terbengkalai memang menyeramkan, tetapi kebanyakan tidak memiliki apa-apa seperti di pulau yang terlantar ini. The Island of the Dolls di Meksiko seperti film horor. Terletak di Danau Teshuilo, pulau itu adalah rumah bagi ratusan boneka gantung yang membusuk perlahan, berkat seorang pria bernama Don Julian Santana. Cerita berlanjut bahwa Santana menemukan tubuh seorang gadis yang tenggelam di danau pada tahun 1950-an dan mulai menggantungkan mainan untuk menenangkan jiwanya. Pada tahun 2001, Santana sendiri tenggelam di danau. Menurut legenda, boneka-boneka itu dihantui oleh arwah gadis yang telah meninggal dan bahkan mungkin oleh Santana sendiri. Jika Anda ingin bepergian ke Meksiko dan melihat kengeriannya dari dekat, pastikan Anda tidak berakhir di salah satu bandara terbengkalai ini.

3. Okpo Land, Korea Selatan

Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat

Foto: yoeltaom.as

Pernah menjadi salah satu taman hiburan paling terkenal di tanah Gingseng, Okpo Land menjadi kota hantu hampir dalam semalam ketika sebuah gerobak dengan tema bebek tergelincir dan membunuh seorang gadis pada tahun 1999. Sebenarnya itu bukan kematian pertama yang terjadi di Okpo Land karena setidaknya satu orang lagi meninggal dalam wahana yang sama di tahun 90-an, tetapi taman itu tetap buka. Namun, setelah kematian kedua, pemiliknya menghilang, dan taman hiburan tersebut menjadi rusak. Taman itu dijadwalkan untuk dihancurkan pada tahun 2011 dan tanah itu dialokasikan untuk pengembangan, meskipun tampaknya belum ada yang dibangun di sana, yang mungkin merupakan yang terbaik. Taman ini lebih seperti taman hiburan terbengkalai yang menakutkan di seluruh dunia.

4. Universitas St. Mary, Maryland, AS

Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat

Foto:Reader Digest


Disebut sebagai "Rumah Neraka" oleh siswa lokal dan pejalan kaki yang lewat, St. Mary's College di Ilchester, Maryland, ditinggalkan ketika api melahap wilayah itu. St Mary's kemudian memindahkan fasilitasnya ke lokasi lain di dekatnya, tetapi reruntuhan bangunan tua masih berdiri, berfungsi sebagai penyebar legenda urban dan cerita hantu. Beberapa orang mengira St. Mary's sekarang menjadi salah satu tempat paling berhantu di Amerika.

5. Poveglia, Italia

Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat

Foto: Reader Digest

Pulau Poveglia, yang terletak di laguna dekat Venesia, terkenal sebagai salah satu tempat paling berhantu di Italia. Turis dan penduduk lokal dilarang mengunjungi pulau itu, yang digunakan selama berabad-abad sebagai tempat pengasingan orang sakit untuk mencegah penyebaran penyakit (dimulai dengan wabah pes) dan menampung orang sakit jiwa di rumah sakit jiwa yang dibangun pada akhir 1800-an.

Pulau kecil itu digunakan sebagai tempat pemakaman massal, dan abu dari sisa-sisa manusia diduga mencapai 50% dari tanah pulau itu. Kematian hampir 160.000 orang di pulau itu memberinya julukan, Pulau Hantu. Hati-hati: Pulai ini mungkin dikelilingi oleh salah satu badan air paling berhantu di dunia.

6. Al Madam, Uni Emirat Arab

Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat

Foto:Reader Digest

Hanya satu jam berkendara dari kota metropolis modern Dubai yang ramai, terdapat pemandangan yang menakutkan: dua baris rumah indah dan masjid megah, yang perlahan-lahan direklamasi oleh pasir gurun. Desa al Madam memiliki banyak desas-desus seputar pengabaiannya, dibantu oleh fakta bahwa banyak penduduknya membiarkan pintu mereka terbuka lebar dan barang-barang pribadi tertinggal dengan tergesa-gesa, mungkin didorong oleh kekuatan gelap.

Desa-desa terdekat menceritakan kisah-kisah menakutkan tentang jin jahat bernama Umm Duwais yang memiliki mata kucing dan menghantui desa dengan parang sebagai pengganti tangannya. Yang lain mengatakan badai pasir yang sering dan dahsyat membuat penduduk desa meninggalkan rumah mereka. Namun penjelasan lain terletak pada kurangnya listrik dan air di desa tersebut, yang mungkin dibangun sebagai upaya pemerintah untuk memukimkan penduduk Badui yang secara tradisional nomaden di Uni Emirat Arab (UEA). Pada akhirnya, orang Badui mungkin telah kembali ke cara hidup leluhur mereka, membiarkan pintu terbuka di belakang mereka.

7. Pripyat, Ukraina

Kota Mati yang Punya Kisah Menyeramkan di Dunia, Nomor 6 Diganggu Jin Jahat

Foto:Reader Digest

Kota Ukraina ini terletak di dekat lokasi bencana nuklir Chernobyl 1986, yang juga menjadi hot spot dalam perang Ukraina-Rusia saat ini. Dibasahi oleh radiasi nuklir yang berbahaya, Chernobyl terputus dari seluruh dunia dan dibiarkan membusuk selama beberapa dekade. Kota terdekat Pripyat terkena dampak serupa, dan semua penduduk harus dievakuasi. Beberapa seniman jalanan dan petualang sekarang menjelajahi daerah tersebut sejak tingkat radiasi telah menurun, tetapi tinggal dalam waktu lama masih berbahaya bagi kesehatan manusia.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)