Uni Eropa Sepakati Batas Atas Harga Minyak Rusia USD60 Per Barel

Jum'at, 02 Desember 2022 - 05:01 WIB
loading...
Uni Eropa Sepakati Batas Atas Harga Minyak Rusia USD60 Per Barel
Model barel minyak cetakan 3D terlihat di depan grafik stok yang turun dalam ilustrasi yang diambil, 1 Desember 2021. Foto/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) mencapai kesepakatan tentang batas atas harga USD60 per barel untuk minyak Rusia setelah Polandia membatalkan keberatannya.

Polandia sebelumnya tidak setuju dengan tingkat harga minyak yang diusulkan, dan menuntut pengurangannya.

“UE sekarang dapat meluncurkan proses persetujuan tertulis untuk kesepakatan itu dan berniat mengumumkannya secara resmi pada Minggu,” ungkap Andrzej Sados, perwakilan tetap Polandia untuk Uni Eropa.

Menurut Sados, perjanjian tersebut juga mengatur mekanisme peninjauan harga yang akan menjaga batas atas harga 5% di bawah harga pasar.

Baca juga: Makin Banyak Paket Misterius Dikirim ke Sejumlah Kedubes Ukraina

Kepresidenan Ceko di Dewan negara-negara UE secara resmi mengkonfirmasi utusan negara-negara anggota UE telah mencapai kesepakatan tentang batasan atas harga minyak dari Rusia.

“Amerika Serikat (AS) menyambut baik laporan tentang Uni Eropa yang mencapai kesepakatan batas harga,” ungkap juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby.

Barat meningkatkan tekanan sanksi terhadap Rusia atas Ukraina, yang menyebabkan harga listrik, bahan bakar, dan makanan lebih tinggi di Eropa dan Amerika Serikat.

Baca juga: Pertahanan Rusia Diperbarui, Tentara Tak Takut Lagi Digempur HIMARS

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan sumber daya energi Rusia yang murah dan andal adalah keunggulan kompetitif Eropa, dan bahkan penolakan sebagian terhadapnya sudah berdampak negatif pada ekonomi dan penduduknya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2763 seconds (11.252#12.26)