Bukan Radar Rusia Rudal AS Malah Menghantam Rumah di Ukraina

Kamis, 24 November 2022 - 19:45 WIB
loading...
Bukan Radar Rusia Rudal AS Malah Menghantam Rumah di Ukraina
New York Times melapokan rudal anti-radar AS, HARM, yang dikirim ke Ukraina menghantam sebuah rumah. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Sebuah rudal anti-radar buatan Amerika, yang telah dipasok ke Kiev oleh Amerika Serikat (AS), menghantam sebuah bangunan perumahan di Ukraina pada bulan September lalu dan melukai 3 orang. Peristiwa itu dilaporkan oleh media yang berbasis di AS, New York Times (NYT).

"Serangan dengan Rudal Anti-Radiasi Berkecepatan Tinggi (HARM) AGM-88B terjadi di kota Kramatorsk yang dikuasai Ukraina di timur negara itu pada 26 September," tulis surat kabar itu seperti dilansir dari Russia Today, Kamis (24/11/2022).

Rudal, yang dilaporkan ditembakkan oleh jet Ukraina, kemungkinan tidak tepat sasaran dan mungkin tidak berfungsi saat menghantam lantai atas sebuah bangunan tempat tinggal berlantai lima.

"(Rudal) itu menghantam sebuah apartemen yang ditinggalkan, tetapi tiga orang yang tinggal di flat terdekat akhirnya terluka," menurut outlet tersebut.



NYT mengatakan wartawannya dapat secara fisik memeriksa pecahan rudal di tempat kejadian dan menemukan bahwa pecahan itu berisi nomor rakitan yang menghubungkan puing-puing itu dengan rakitan kartu sirkuit elektronik yang hanya digunakan dalam rudal AGM-88B.

"Bagian lain dari amunisi yang meledak yang dilihat oleh para jurnalis juga konsisten dengan rudal buatan AS yang lebih tua," tambah NYT.

"Sasaran yang dari rudal HARM itu tidak diketahui, tetapi mungkin telah menghantam rumah di Kramatorsk setelah gagal menemukan radar Rusia dan kehabisan bahan bakar," tulis surat kabar itu.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina menolak berkomentar ketika outlet itu mendekatinya tentang insiden itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)