Sergey Surovikin, Jenderal Armageddon Rusia

Kamis, 24 November 2022 - 17:12 WIB
loading...
Sergey Surovikin, Jenderal Armageddon Rusia
Sergey Surovikin, sosok bengis dan brutal yang dijuliki Jenderal Armageddon oleh media Rusia. Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Pada Oktober lalu, tepatnya Sabtu (8/10/2022), Presiden Vladimir Putin menunjuk Jenderal Sergey Surovikin untuk memimpin seluruh pasukan Rusia dalam perang melawan Ukraina . Penunjukkan dilakukan saat dua komandan militer senior Rusia dipecat karena wilayah Kiev kembali jatuh ke tangan Ukraina.

Karena reputasinya yang kejam dan bengis, Surovikin dijuluki ‘ Jenderal Armageddon ’ oleh media-media di Rusia. Namun langkahnya yang menyarankan untuk menarik mundur tentara Rusia dari Kota Kherson, Ukraina, menuai hujatan dan tekanan. Surovikin pada 9 November 2022 mengusulkan pasukan Moskow ditarik dari tepi barat Sungai Dnipro. Menurutnya, sudah tidak memungkinkan lagi memasok kota dan pasukan harus dikumpulkan di seberang Sungai Dnipro, yakni di tepi timur.

Lantas, bagaimana profil Jenderal Sergey Surovikin? Sergey Surovikin lahir di Novosibirsk, Siberia, pada 11 Oktober 1966. Ia dikenal sebagai orang yang kejam dan temperamental. Sejak tahun 2008, ia sudah menjalani karir yang luar biasa di tingkat atas Staf Umum dan Kementerian Pertahanan, di tengah reformasi militer radikal yang membutuhkan kekejaman.

Baca: Dijuluki Jenderal Armagedon, Surovikin Pimpin Rusia Perang Habis-habisan di Ukraina

Surovikin pernah terlibat kasus yang mengharuskannya masuk penjara dua kali. Pertama, ia dipenjara selama enam bulan karena anak buah tentara komandonya membunuh tiga demonstran di ibu kota Rusia, Moskow. Peristiwa itu terjadi selama kudeta Agustus 1991, menjelang berakhirnya Uni Soviet. Setelah itu, Surovikin dibebaskan tanpa melalui pengadilan. Empat tahun kemudian tepatnya tahun 1995 dirinya kembali mendapat hukuman atas perdagangan senjata ilegal. Namun, hukuman tersebut kemudian dibatalkan.

Ketika meletus perang Rusia di Afghanistan dan Chechnya, Surovikin turut mengambil bagian. Pada tahun 2016, ia diangkat menjadi komandan atas seluruh pasukan Rusia di Suriah. Berkat jasanya tersebut, ia menerima gelar Pahlawan Rusia dan dianugerahi medali pada tahun 2017. Ketika itu Surovikin memimpin ekspedisi militer Rusia sebagai komandan Pasukan Dirgantara.

Surovikin dituduh mengawasi pengeboman brutal yang menghancurkan sebagian besar Kota Aleppo di Suriah. Di mana Rusia saat itu terlibat dalam campur tangan di pihak Bashar al-Assad. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Oktober 2020, Human Rights Watch menetapkan Surovikin sebagai salah satu komandan “yang memikul tanggung jawab komando atas pelanggaran” selama serangan 2019-2020 di Idlib, Suriah.

Baca: Tarik Mundur Pasukan dari Kherson, Jenderal Armagedon Rusia di Bawah Tekanan

Dalam perang Rusia-Ukraina, Surovikin bertanggung jawab pada pengelompokkan 'Selatan' selama kampanye militer Moskow di Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia, pada akhir Juni lalu, mengeklaim bahwa pasukan Surovikin telah melenyapkan pasukan utama Ukraina yang mengepung daerah Gorskoye, di Republik Rakyat Lugansk.

Surovikin merupakan seorang veteran perang lulusan Harvard University di jurusan Hubungan Internasional. Kemudian ia mulai bergabung dengan Angakatan Darat Rusia ketika lulus. Selama tahun 1980-an Surovikin bertugas sebagai penerjun payung di Angkatan Darat Soviet.

Kehadiran Surovikin yang dikenal sebagai “Jenderal Armageddon” dan “komandan paling kompeten di angkatan bersenjata Rusia” pada tampuk kepemimpinan perang Rusia-Ukraina merupakan bagian perombakan pasukan Rusia. Upaya ini seiring dengan langkah Rusia yang mencoba untuk membendung kerugian yang dialami akibat kuatnya serangan balik yang dilancarkan Ukraina.

Baca: Tanpa Vladimir Putin, Para Jenderal Rusia Bahas Kapan Gunakan Bom Nuklir di Ukraina

*diolah dari berbagai sumber

- https://news.detik.com/internasional/d-6419351/tarik-mundur-pasukan-rusia-dari-kherson-jenderal-armageddon-dihujat

- https://www.bbc.com/news/world-europe-63573387

- https://tickernews.co/russias-new-commander-in-ukraine-is-a-harvard-educated-war-vet/

- https://www.aljazeera.com/news/2022/10/9/who-is-surovikin-the-russian-commander-for-the-war-in-ukraine

- https://www.nytimes.com/2022/10/08/world/europe/russia-ukraine-general-sergei-surovikin.html

- https://international.sindonews.com/read/908339/41/sosok-surovikin-jenderal-kejam-komandan-perang-rusia-di-ukraina-1665367810/10
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1819 seconds (10.55#12.26)