Rentetan 7 Kebakaran dan Ledakan Tak Wajar, Ada Apa dengan Iran?

Rabu, 08 Juli 2020 - 14:56 WIB
loading...
A A A
Ditanya apakah Israel ada hubungannya dengan ledakan misterius di situs nuklir Iran, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan pada 5 Juli; "Tidak setiap insiden yang terjadi di Iran tentu ada hubungannya dengan kami."

Beberapa orang Iran di media sosial menyatakan keprihatinan atas kemungkinan kebocoran radiasi, tetapi pihak berwenang telah meyakinkan warga bahwa insiden itu tidak menyebabkan pelepasan radiasi.

Dalam sebuah pernyataan yang di-email ke layanan BBC Persian, sebuah kelompok tidak dikenal yang mengaku sebagai kelompok oposisi Iran mengaku bertanggung jawab atas insiden di situs nuklir Natanz.

BBC Persian mengatakan menerima pernyataan dari kelompok itu beberapa jam sebelum Iran melaporkan insiden.

3 Juli
Pada tanggal ini kebakaran besar melanda sebuah taman di kota Shiraz, Provinsi Fars. Insiden itu direkam para warga yang membagikannya di media sosial.

Laporan media setempat yang mengutip beberapa sumber terkait mengonfirmasi bahwa lokasi kebakaran memang berada di sebuah taman di Shiraz. Penyebab kebakaran masih belum jelas karena pihak berwenang tidak secara terbuka menangani insiden tersebut.

Kebakaran telah terjadi di berbagai tempat di Republik Islam Iran, dari hutan, taman, hingga situs bersejarah dan sakral milik kelompok minoritas agama. Namun, penyebabnya jarang diungkap.

4 Juli
Pada tanggal ini terjadi kebocoran gas klorin di pusat petrokimia di Iran barat daya. Menurut laporan IRNA, sebanyak 70 pekerja jatuh sakit akibat insiden ini.

Media itu melaporkan kebocoran gas klorin terjadi di pusat petrokimia Karun di kota Mahshahr, provinsi Khuzestan yang kaya minyak.

Seorang direktur layanan darurat di pusat petrokimia mengatakan bahwa penyebab insiden sedang diselidiki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)