AS-Korsel Latihan Serangan Udara 240 Pesawat, Ini Respons Korut

Selasa, 01 November 2022 - 13:20 WIB
loading...
A A A
Seoul dan Washington telah berulang kali memperingatkan bahwa Pyongyang diduga bersiap untuk melakukan uji coba bom atom untuk pertama kalinya sejak 2017.

Pekan lalu, AS, Korea Selatan dan Jepang memperingatkan bahwa respons “tak tertandingi” akan diperlukan jika Korea Utara menguji senjata nuklir.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan pada hari Senin bahwa Washington tidak akan mengakui Korea Utara sebagai negara bersenjata nuklir dan kebijakan AS tetap merupakan denuklirisasi lengkap di Semenanjung Korea.

“Kami terus menjangkau DRPK dan berkomitmen untuk melakukan pendekatan diplomatik,” kata Price.

“Kami tentu ingin melihat DPRK terlibat dalam dialog yang serius dan substansial mengenai hal ini. Sampai sekarang mereka belum melakukannya. Kami sudah jelaskan, kami tidak memiliki prasyarat untuk berdialog, sepertinya DPRK mungkin berada di posisi yang berbeda,” katanya.

Peringatan Pyongyang tentang respons kuat pada hari ini muncul ketika sekitar 240 pesawat AS dan Korea Selatan berpartisipasi dalam latihan serangan udara Vigilant Storm, yang dimulai pada hari Senin dan berlanjut hingga Jumat mendatang.

Menurut laporan Yonhap, AS telah mengerahkan sekitar 100 pesawat ke lokasi latihan, termasuk empat pesawat tempur siluman F-35B dari Skuadron Serangan Tempur Marinir AS yang berbasis di Jepang, serta pesawat perang elektronik EA-18, pesawat tanker KC-135 dan pesawat pengintai U-2.

Sedangkan Korea Selatan mengerahkan 140 pesawat untuk latihan tersebut, termasuk pesawat tempur siluman F-35A serta pesawat tempur F-15K dan KF-16.

Militer Korea Selatan juga baru saja menyelesaikan latihan militer “Hoguk” selama 12 hari yang diadakan setiap tahun dan melibatkan pasukan AS.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)