Tegang dengan Barat, Rusia Tes Kapal Selam Nuklir Baru

Senin, 31 Oktober 2022 - 08:09 WIB
loading...
Tegang dengan Barat, Rusia Tes Kapal Selam Nuklir Baru
Rusia sedang menguji coba kapal selam nuklir strategis baru Generalissimo Suvorov pada saat ketegangan dengan Barat memanas. Foto/sila-lf/ via Navy Recognition
A A A
MOSKOW - Rusia sedang melakukan uji coba kapal selam nuklir strategis baru pada saat ketegangan dengan Barat memanas.

Uji coba kapal selam bernama Generalissimo Suvorov ini diumumkan komandan Angkatan Laut Laksamana Nikolay Yevmenov pada hari Minggu.

“Peluncur bawah laut rudal strategis bertenaga nuklir terbaru Generalissimo Suvorov sedang diuji,” kata Yevmenov, yang berpidato pada peringatan 326 tahun pembentukan Angkatan Laut Reguler Rusia.

Dia mengatakan kapal selam itu dibangun di perusahaan Sevmash, fasilitas pembuatan kapal terbesar Rusia di kota utara Severodvinsk.



Menurut laporan Russia Today, Senin (31/10/2022), Generalissimo Suvorov adalah yang keenam dari kapal selam rudal balistik generasi ke-4 Rusia dan kapal produksi massal kedua dari kelas Borei-A yang di-upgrade.

Setiap kapal Borei-A dapat membawa hingga 16 rudal balistik kapal selam kelas Bulava, yang dapat dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir.

Nama kapal selam itu diambil dari nama jenderal abad ke-18 Alexander Suvorov, yang dianggap sebagai salah satu komandan militer terbesar dalam sejarah Rusia.

Yevmenov menambahkan bahwa Angkatan Laut Rusia sedang diperkuat oleh kapal-kapal baru canggih lainnya, termasuk kapal selam diesel-listrik Ufa, yang telah berhasil melewati pengujian resmi.

"Kapal yang ditujukan untuk Armada Pasifik Rusia itu diharapkan dapat diterima secara resmi oleh Angkatan Laut bulan depan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)