Inilah Perempuan di Balik Kesuksesan Xi Jinping Raih Kekuasaan China

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 17:35 WIB
loading...
A A A
Baru pada tahun 1961, China melihat nilai dalam diplomasi Ibu Negara yang diilhami oleh kemewahan dan kekuatan lembut para istri presiden Amerika.

Pada tahun 1963, Wang Guangmei, istri Presiden China saat itu Liu Shaoqi, bergabung dengan suaminya dan diplomat lainnya untuk mengunjungi Indonesia.

Tetapi Liu kemudian dipenjarakan oleh Mao Zedong selama Revolusi Kebudayaan dan meninggal pada tahun 1969.

Sejak itu, sementara istri presiden China akan bergabung dengan kunjungan diplomatik ke luar negeri, tidak ada yang cukup menarik perhatian internasional seperti Peng.

Profesor Guo mengatakan selama bertahun-tahun, Xi telah menjadi "salah satu pemimpin dunia yang paling tidak populer di Barat", dan Peng sangat penting dalam melunakkan citranya.

"Peng telah memimpin komponen budaya kekuatan lunak Xi...itu telah memberikan kontribusi yang kuat dan positif bagi diplomasi luar negeri China," kata Profesor Guo.

Peng telah mengubah peran Ibu Negara China menjadi semakin seperti yang dimainkan oleh pasangan presiden AS.

Pada tahun-tahun awal pemerintahan suaminya, Peng menjalin ikatan erat dengan Ibu Negara AS Michelle Obama.

"Saya pikir Michelle Obama dan Peng Liyuan sebenarnya telah menunjukkan gaya mereka, efisien dan sopan untuk membangun hubungan dengan negara lain dan berpartisipasi dalam berbagai program melalui kunjungan mereka," kata Joy Chin-Chung Chao, profesor di Universitas Nebraska Omaha dan peneliti kepemimpinan perempuan.

Tetapi sementara kedua wanita itu menjabat sebagai diplomat yang tidak dibayar untuk negara mereka, Profesor Chao mengatakan penting untuk dicatat bahwa kekuatan Peng akan lebih terbatas daripada rekan AS-nya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)