Kendalikan Penyebaran Covid-19, Australia Tutup Perbatasan NSW-Victoria

Senin, 06 Juli 2020 - 17:00 WIB
loading...
Kendalikan Penyebaran Covid-19, Australia Tutup Perbatasan NSW-Victoria
Dua negara bagian paling padat di Australia, yakni New South Wales dan Victoria, dilaporkan menutup perbatasan mereka untuk pertama kalinya dalam 100 tahun terakhir. Foto/REUTERS
A A A
CANBERA - Dua negara bagian paling padat di Australia, yakni New South Wales dan Victoria, dilaporkan menutup perbatasan mereka untuk pertama kalinya dalam 100 tahun terakhir. Penutupan perbatasan dua negara bagian Australia itu dikarenakan peningkatan kasus Covid-19.

Jumlah kasus Covid-19 di Melbourne, ibu kota Victoria, telah melonjak dalam beberapa hari terakhir, mendorong pihak berwenang untuk menegakkan perintah menjaga jarak sosial di 30 wilayah di pinggiran kota dan penutupan penuh terhadap sembilan perumahan.

Victoria melaporkan 127 infeksi COVID-19 baru dalam semalam, lonjakan satu hari terbesar sejak pandemi dimulai. (B aca juga: Covid-19 Belum Reda, Muncul Wabah Bubonic di China )

Perdana Menteri Victoria, Daniel Andrews saat mengumumkan penutupan perbatasan dengan dengan New South Wales, mengatakan penutupan ini adalah sebuah keputusan tepat saat ini, demi meredam penyebaran Covid-19.

"Itu adalah panggilan cerdas, panggilan yang tepat saat ini, mengingat tantangan signifikan yang kita hadapi dalam mengatasi virus ini," ucap Andrews, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/7/2020).

( Baca juga: Bertambah Lagi 1.209 Kasus, Positif Covid-19 Mencapai 64.958 Orang )

Andrews mengatakan, keputusan untuk menutup perbatasan akan mulai berlaku pada Selasa malam waktu setempat. Keputusan ini, jelasnya, dibuat setelah adanya pembicaran dengan dengan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dan Perdana Menteri negara bagian New South Wales, Gladys Berejiklian.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)