alexametrics

Partai Republik Menang Pemilu Parlemen, Obama tertekan

loading...
Partai Republik Menang Pemilu Parlemen, Obama tertekan
Ilustrasi (Istimewa)
A+ A-
WASHINGTON - Partai Republik yang menjadi oposisi di pemerintah Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dipastikan memenangkan pemilihan umum parlemen AS.

 

Melansir Al Arabiya, Rabu (5/11/2014), kemenangan partai Republik ini didasari oleh banyak warga AS yang tidak puas dengan pemerintah Obama.

 

Hal ini juga semakin memperkuat dominasi Republik di parlemen AS, setelah dalam pemilihan sebelumnya mereka juga memenangkan pemilu.

 

Dengan kembali menangnya Republik, secara otomotasi parlemen akan dikuasai oleh partai tersebut, yang membuat kekuasaan partai Demokrat –partai yang mengusung Obama- terus melemah yang membuat Obama semakin tertekan.

 

Dari sekitar 100 kursi parlemen yang diperebutkan, lebih dari separuh kursi tersebut didapatkan oleh Republik. Bahkan, partai tersebut dikabarkan berhasil merebut tujuh kursi parlemen milik partai Demokrat.

 

Dalam dua periode terakhir Obama terus bergulat dengan parlemen, karena banyak kebijakannya yang ditolak oleh Parlemen. Partai Republik terkenal dengan siakapnya yang konservatif, berbanding terbalik dengan Obama yang merupakan kaum moderat di AS. Hal inilah yang membuat kebijakan Obama kerap mentah di tangan parlemen.

 
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak