Inilah Daftar Perdana Menteri Rusia dari Tahun 1991 Hingga Sekarang

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 19:31 WIB
loading...
Inilah Daftar Perdana Menteri Rusia dari Tahun 1991 Hingga Sekarang
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Rusia adalah negara yang terbentang di atas hamparan luas Eropa Timur dan Asia Utara. Setelah republik terkemuka dari Uni Republik Sosialis Soviet (USSR; umumnya dikenal sebagai Uni Soviet) bubar pada Desember 1991, Rusia menjadi negara merdeka.

Negara ini adalah negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah, meliputi lebih dari 17.125.191 kilometer persegi, dan mencakup seperdelapan dari daratan yang dapat dihuni di Bumi. Rusia membentang melintasi sebelas zona waktu dan berbatasan dengan enam belas negara berdaulat, terbanyak dari negara manapun di dunia.

Rusia memiliki sungai terpanjang di Eropa, Volga dan danau terbesarnya yaitu Ladoga. Rusia juga merupakan rumah bagi danau terdalam di dunia, Baikal, dan negara yang mencatat suhu terendah di dunia di luar kutub Utara dan Selatan.

Penduduk Rusia cukup beragam. Sebagian besar adalah etnis Rusia, tetapi ada juga lebih dari 120 kelompok etnis lain yang hadir, berbicara banyak bahasa dan mengikuti tradisi agama dan budaya yang berbeda Sebagian besar penduduk Rusia terkonsentrasi di bagian Eropa negara itu, terutama di wilayah subur di sekitar Moskow, ibu kota.

Baca: Kena Prank, Menlu Ukraina Akui Kiev Dalang Penyerangan di Rusia

Moskow dan St. Petersburg (sebelumnya Leningrad) adalah dua pusat budaya dan keuangan terpenting di Rusia dan merupakan salah satu kota paling indah di dunia.

Struktur pemerintahan negara Rusia saat ini berbeda dengan struktur pemerintahan dulu dengan struktur bekas republik Soviet. Sistem pemerintahannya yaitu Presiden dan Perdana Menteri.

Berdasarkan pasal 24 UU Konstitusi Federal mengenai Pemerintahan Federasi Rusia, perdana menteri adalah untuk mengepalai Pemerintahan Federasi Rusia. Meskipun jabatan perdana menteri sudah diadakan sejak tahun 1905, untuk perdana menteri sekarang dengan Pemerintahan Federasi Rusia didirikan sejak 12 Desember 1993.

Secara umum, perdana menteri berperan lebih menjadi administratif yang dapat mencalonkan kabinet dan dapat memimpin pelaksanaan sepenuhnya suatu kebijakan dari sektor dalam maupun luar negeri, seperti yang sudah dirumuskan oleh Presiden Rusia.

Baca: Spesifikasi AK-12, Senjata Baru Rusia yang Diklaim Lebih Ngeri dari AK-47
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1673 seconds (10.101#12.26)