Dijuluki Jenderal Armagedon, Surovikin Pimpin Rusia Perang Habis-habisan di Ukraina

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:47 WIB
loading...
Dijuluki Jenderal Armagedon, Surovikin Pimpin Rusia Perang Habis-habisan di Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin memberi penghargaan pada Jenderal Sergey Surovikin atas perannya di Suriah pada upacara di Moskow pada 2017. Foto/kremlin/epa
A A A
MOSKOW - Jenderal Angkatan Darat Rusia Sergey Surovikin yang memimpin kelompok pasukan “Selatan” di Ukraina dan Donbass, akan mengambil alih komando keseluruhan pasukan Rusia.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengumumkan keputusan itu pada Sabtu. Itu artinya, dia kini memimpin perang habis-habisan di Ukraina.

“Dengan keputusan Menteri Pertahanan Federasi Rusia, Jenderal Angkatan Darat Sergey Surovikin ditunjuk sebagai komandan pasukan gabungan di wilayah operasi militer khusus,” ungkap pernyataan Kemhan Rusia itu.

Baca juga: Zelensky: Rusia Mencoba Menghapus Kami dari Muka Bumi

Jenderal veteran itu menjabat sebagai komandan Pasukan Dirgantara Rusia sejak 2017. Pada tahun yang sama, dia dianugerahi gelar Pahlawan Rusia atas perannya dalam operasi militer di Suriah.

Sebelumnya, dia juga ikut serta dalam permusuhan di Chechnya.

Menurut berbagai laporan media, Surovikin diberi julukan “Jenderal Armagedon” oleh rekan-rekannya, mengutip pendekatan garis keras dan tidak ortodoksnya terhadap operasi militer.

Baca juga: Trump Peringatkan Perundingan Damai Ukraina-Rusia Segera atau Pecah Perang Dunia III

Surovikin mengambil alih pasukan gabungan “Selatan” selama kampanye militer Moskow di Ukraina.

Pada akhir Juni, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pasukannya telah melenyapkan pasukan utama Ukraina yang mengepung daerah Gorskoye, di Republik Rakyat Luhansk.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0984 seconds (10.177#12.26)