3 Jet Tempur Rusia yang Pernah Digunakan Membombardir Pemberontak Suriah

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:30 WIB
loading...
3 Jet Tempur Rusia yang Pernah Digunakan Membombardir Pemberontak Suriah
Jet tempur Su-24 menjadi salah satu andalan Rusia di Suriah. Foto/wikipedia
A A A
MOSKOW - Rusia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer yang mumpuni. Tak kalah dengan para rivalnya, Moskow terus mengembangkan dan merancang alat tempur canggih dengan kemampuan menakjubkan.

Dalam riwayatnya, Rusia juga dikenal kerap terlibat konflik dengan negara lain. Tak hanya berperang secara langsung, terkadang mereka juga melakukan intervensi militer, termasuk saat terjadi perang saudara di Suriah.

Dikutip dari laman The New Yorker, pada September 2015 Vladimir Putin resmi memerintahkan pasukannya untuk campur tangan dalam konflik Suriah untuk membela rezim Presiden Bashar al-Assad.

Tak hanya menekan para pemberontak yang didukung negara-negara Barat, Rusia juga memberikan sejumlah persenjataan, termasuk menerjunkan beberapa jet tempur canggih yang dimilikinya.

Berikut tiga jet tempur Rusia yang pernah digunakan untuk membombardir para pemberontak di Suriah.

1. Su-34

Sukhoi Su-34 merupakan salah satu jet tempur Rusia terkuat yang dilengkapi fitur modern. Dikutip dari laman The International Interest, pada upaya reparasi dan modernisasi menyeluruh, jet tempur ini menerima kontrol onboard digital, sistem navigasi lebih ramping, hingga kemampuan penanggulangan elektronik (ECM) yang ditingkatkan.

3 Jet Tempur Rusia yang Pernah Digunakan Membombardir Pemberontak Suriah


Su-34 dianggap sebagai jet tempur berteknologi canggih yang dikerahkan Rusia selama perang saudara di Suriah.

Formasi Su-34 menyergap posisi pemberontak dengan bom berpemandu. Sedangkan untuk tipe yang dilengkapi rudal udara digunakan untuk berpatroli di wilayah udara Suriah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3251 seconds (10.101#12.26)