Bos Intel Militer Negara Uni Eropa: Rusia Tak akan Gunakan Nuklir

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 05:15 WIB
loading...
Bos Intel Militer Negara Uni Eropa: Rusia Tak akan Gunakan Nuklir
Kolonel Margo Grosberg dari pusat intelijen pertahanan militer Estonia. Foto/Ken Murk/ERR
A A A
TALLINN - Rusia tidak akan menggunakan senjata nuklir di Ukraina karena hal itu secara militer tidak “masuk akal”. Kolonel Margo Grosberg dari pusat intelijen pertahanan militer Estonia mengungkapkan hal itu pada Jumat (7/10/2022).

Meski demikian, pakar dan politisi Barat telah berulang kali menyerukan peringatan perang nuklir.

“Saya menekankan bahwa dalam istilah militer, penggunaan senjata jenis ini tidak masuk akal dengan cara apa pun, itu tidak akan mencapai efek,” papar Grosberg, menurut penyiar berita ERR Estonia.



Namun, di tengah laporan di media Inggris bahwa Moskow sedang mempersiapkan latihan yang melibatkan kekuatan nuklirnya, dia menambahkan, “Ancaman nuklir harus diingat, tetapi tidak terlalu besar.”

Kremlin menolak laporan Inggris, dengan mengatakan tidak akan mengambil bagian dalam "retorika nuklir" dengan Barat.

Pembicaraan tentang kemungkinan serangan nuklir Rusia di Ukraina telah mencapai puncaknya di media Barat dalam beberapa pekan terakhir, dengan mata-mata Amerika, diplomat, dan Presiden AS Joe Biden sendiri membahas serangan seperti itu sebagai kemungkinan yang realistis.



Berbicara pada penggalangan dana di Washington pada Kamis malam, Biden menyatakan, “Kita memiliki ancaman langsung dari penggunaan senjata nuklir jika pada kenyataannya hal-hal itu terus berlanjut di jalur yang mereka tuju.”

Biden memperingatkan bahwa ledakan nuklir akan mengarah pada “Armagedon.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)