Dewan Imigrasi Kanada Rilis Laporan soal Kondisi Politik di Turki

Minggu, 05 Juli 2020 - 04:22 WIB
loading...
Dewan Imigrasi Kanada Rilis Laporan soal Kondisi Politik di Turki
Kantor Dewan Imigrasi dan Pengungsi (IRB) Kanada. Foto/Boldmedya
A A A
OTTAWA - Dewan Imigrasi dan Pengungsi (IRB) Kanada telah memperbarui datanya dalam laporan tahunan 2020 mengenai tentang upaya “pembersihan” massal di Turki yang menargetkan kelompok oposisi, menyusul upaya kudeta kontroversial 2016.

Banyak kritik yang muncul menyebutkan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa dan dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menggunakan kudeta yang gagal sebagai alasan untuk membersihkan dan menahan puluhan ribu warga negara Turki.

Pemerintah Erdogan menuduh Gerakan Gulen (Hizmet) sebagai pihak yang berada di balik kudeta 2016. Namun gerakan itu telah membantahnya.

IRB—lembaga administratif independen terbesar Kanada—yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan tentang imigrasi dan pengungsi, telah merilis informasi tentang struktur gerakan Hizmet dan tindakan keras pemerintah Erdogan yang berkelanjutan yang menargetkan para pengikut gerakan tersebut.

Sebagai “Respons terhadap Permintaan Informasi (RIR)”, IRB mengutip laporan dari lembaga Journalist and Writers Foundation (JWF), sebuah organisasi masyarakat sipil internasional yang berbasis di New York, untuk menjelaskan tujuan gerakan Hizmet:

"Gerakan Hizmet telah mengalami beberapa transformasi dari komunitas agama kecil menjadi komunitas konservatif yang lebih besar ke masyarakat inklusif dengan prinsip-prinsip pelayanan, altruisme, dan dedikasi kepada masyarakat."

Keterangan itu juga mengutip Gulenmovement.com, sebuah situs web yang diluncurkan oleh sekelompok sukarelawan, memberikan tujuan pengikut gerakan itu adalah "untuk mencapai keridhoan Tuhan berdasarkan pada keyakinan bahwa melayani umat manusia adalah pelayanan kepada Tuhan."

Mengutip pemberitaan di Boldmedya yang dilansir Jumat (3/7/2020), pengadilan Turki sebelumnya menyatakan bahwa Fethullah Gulen, yang tinggal di pengasingan di Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1999, dituduh oleh pemerintah Erdogan sebagai otak dari penyelidikan korupsi tahun 2013 terhadap senior AKP, dengan menggunakan para pengikutnya di kepolisian.

Pernyataan itu menyebut bahwa pemerintah Turki menetapkan gerakan Gulen sebagai organisasi teroris setelah upaya kudeta, yang mengakibatkan lebih dari 1.500 orang terluka dan lebih dari 200 orang tewas. Angka-angka korban itu berdasarkan laporan Amnesty International. (Baca: Muncul Isu Kudeta, Pendukung Erdogan Ancam Bunuh Tokoh Oposisi Turki )

IRB menemukan bahwa setelah kudeta yang gagal, pemerintah Turki mendeklarasikan keadaan darurat selama 90 hari di seluruh negeri, yang diperpanjang tujuh kali sebelum dicabut pada 18 Juli 2018.

IRB juga mencatat bahwa pemerintah menggunakan serangkaian keputusan darurat selama periode itu tanpa adanya pengawasan Parlemen dan prosedur peninjauan yudisial.

“Pada tahun 2019, sebuah laporan oleh Yayasan Hak Asasi Manusia (HRF), sebuah organisasi nirlaba yang berpusat di New York, menyatakan bahwa langkah-langkah yang diberlakukan oleh pemerintah sejak Juli 2016 telah menyebabkan pergeseran dramatis dari aturan hukum dan kemunduran yang signifikan dari catatan hak asasi manusia (Turki), ” tulis RIR dalam laporannya.

Mengutip berbagai laporan baru tersebut, IRB Kanada menemukan bahwa RUU anti-terorisme yang keras disahkan oleh pemerintah Turki segera setelah berakhirnya keadaan darurat. RUU itu memungkinkan pemerintah untuk memberhentikan personel Angkatan Bersenjata Turki, polisi, departemen gendarmerie, serta pegawai negeri dan pekerja.

Dewan imigrasi Kanada juga menyebutkan pemerintah Turki menutup 1.064 lembaga pendidikan swasta (taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas), 360 kursus pelatihan swasta dan pusat studi, 847 asrama siswa, 47 pusat kesehatan swasta, 15 universitas swasta, 29 serikat pekerja yang berafiliasi dengan dua konfederasi, 1.419 asosiasi, 145 yayasan dan 174 organisasi media dan penyiaran per 20 Maret 2018, selama pembersihan pascakudeta.

Mengacu pada pernyataan JWF, laporan itu mengatakan pemerintah Turki menyita aset dan properti pribadi pebisnis yang digunakan untuk mendukung orang-orang dengan bantuan keuangan.

Anggota keluarga dan kerabat dari anggota Hizmet yang ditahan dan ditangkap berada dalam situasi sulit. ”Membantu korban di Turki, secara finansial atau lainnya, bagaimanapun, sangat berbahaya, dan banyak orang telah ditangkap dan menghadapi dakwaan terorisme....karena berusaha membantu orang yang membutuhkan. Karena itu banyak orang mencari cara (untuk meninggalkan) Turki,” papar JWF dalam laporannya seperti dilansir Boldmedya.

IRB mengindikasikan bahwa pembersihan massal di Turki telah mengakibatkan pemecatan, penahanan, dan penangkapan ribuan orang, termasuk akademisi, guru, jurnalis, ibu rumah tangga, serikat buruh, hakim, jaksa, polisi, personel militer dan profesional lainnya.

Berdasarkan berbagai sumber, pengadilan Kanada mengatakan tidak ada keanggotaan resmi dalam gerakan tersebut. Pada saat yang sama, pemerintah Turki menggunakan "daftar kriteria" untuk mengidentifikasi terduga anggota atau pendukung Hizmet.

Laporan tersebut menggarisbawahi bahwa otoritas Turki menganiaya siapa pun untuk meminimalkan kontak dengan gerakan Hizmet dan lembaganya. “Oleh karena itu, risiko dianiaya terus berlanjut jika orang tersebut berafiliasi dengan kudeta tersebut tanpa menjadi anggota aktual gerakan itu sendiri,” lanjut laporan JWF.

IRB juga merujuk pada laporan tahunan 2019 oleh Komisi AS untuk Kebebasan Beragama Internasional (USCIRF) dan mencatat; “Pengikut-pengikut ulama yang berbasis di AS (Fethullah Gulen) menghadapi peningkatan penganiayaan oleh pemerintah sejak kudeta yang gagal pada 2016.”

JWF mengatakan kepada persidangan Dewan Imigrasi Kanada; ”Sejak percobaan kudeta, pejabat pemerintah Turki telah menyatakan bahwa pengikut Hizmet tidak memiliki hak untuk hidup dan meninggal di penjara."

Dewan Imigrasi Kanada juga mencatat pembatalan paspor puluhan ribu orang yang dibersihkan untuk mencegah mereka meninggalkan negara itu. Mengenai dugaan anggota gerakan yang tinggal di luar negeri, kelompok itu menyebutkan sebuah laporan oleh Human Rights Watch (HRW); "HRW juga melaporkan bahwa pemerintah Turki melakukan ekstradisi atas pendukung Gulen di luar negeri. Sumber menunjukkan bahwa beberapa negara telah memenuhi permintaan pemerintah Turki untuk ekstradisi. "

Lebih lanjut, IRB mengatakan Turki telah kembali atau membuat pemerintah lokal menangkap beberapa tersangka anggota gerakan Hizmet dari luar negeri. Ankara telah mengelolanya melalui operasi petugas intelijen Turki dan kolaborasi dengan petugas keamanan lokal di negara-negara seperti Montenegro, Kosovo, Moldova, Maroko, Pakistan, Malaysia, Azerbaijan, Bahrain, Bulgaria, Georgia, Indonesia, Kazakhstan, Myanmar, Qatar, Saudi Saudi, Sudan, dan Turkmenistan.

Temuan IRB juga menunjukkan bahwa tahanan di Turki telah menghadapi berbagai bentuk penyiksaan dan perlakuan buruk. Termasuk pemukulan, ancaman kekerasan seksual dan kekerasan lain, kejutan listrik, waterboarding, pukulan/tendangan, kekerasan atau ancamannya, kurang tidur, dan atau diborgol selama beberapa hari. Pemerintah Erdogan hingga kini belum berkomentar atas laporan tahunan IRB Kanada.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)