Ukraina Rebut Kembali Desa di Kherson dari Rusia

Rabu, 05 Oktober 2022 - 03:13 WIB
loading...
A A A
Tetapi pada peta yang digunakan untuk menggambarkan kontrol Rusia, jelas bahwa itu tidak lagi mencakup desa Arkhanhelske dan Velyka Oleksandrivka di timur laut wilayah itu, dan Dudchany di tepi Dnieper.

Blogger militer Rusia Rybar mengatakan tentara memutuskan untuk mundur karena berisiko dikepung.

"Tidak sepenuhnya jelas di mana jalur kontak baru akan berada," katanya.

"Mayoritas permukiman sangat terpengaruh," kata deputi walikota Kherson di pengasingan, Roman Holovnia.

"Kita bahkan bisa mengatakan banyak pemukiman yang rata - beberapa pemukiman hampir tidak memiliki bangunan yang tersisa," imbuhnya.

Pasukan Ukraina telah menargetkan jalur pasokan Rusia di Kherson selama berminggu-minggu, menghancurkan beberapa jembatan di seberang sungai. Tapi kemajuan mereka ke selatan sampai sekarang lambat. Kherson dengan cepat dikuasai oleh pasukan Rusia pada awal perang, saat mereka mengalir ke wilayah itu dari semenanjung Crimea, yang dianeksasi pada tahun 2014.

Ukraina memiliki keberhasilan yang lebih dramatis di Kharkiv di timur laut dan di Donetsk, pada Sabtu merebut Lyman yang penting secara strategis. Kota ini adalah bagian dari Donetsk tetapi dipandang sebagai pintu gerbang ke Luhansk, sebuah wilayah di bawah pendudukan Rusia yang hampir lengkap.

Baca: Pasukan Ukraina Klaim Berhasil Rebut Kota Lyman di Ukraina Timur

Wartawan BBC Orla Guerin, melaporkan dari Lyman, mengatakan beberapa warga sipil tetap di sana sekarang, sementara mayat beberapa tentara Rusia tergeletak dengan seragam mereka di luar kota.

Luhansk dan Donetsk adalah dua dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia, tetapi proklamasi kemenangan Vladimir Putin pada Jumat lalu terlihat semakin prematur.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3121 seconds (10.55#12.26)