Para Ilmuwan Khawatir Ebola Bisa Menyebar Via Udara

Jum'at, 19 September 2014 - 15:26 WIB
Para Ilmuwan Khawatir Ebola Bisa Menyebar Via Udara
Para Ilmuwan Khawatir Ebola Bisa Menyebar Via Udara
A A A
MONROVIA - Para ilmuwan yang menangani pandemi virus Ebola di Afrika Barat khawatir virus itu telah bermutasi dan bisa menyebar melalui udara.

Kekhawatiran itu disampaikan Michael Osterholm, Direktur Pusat Penelitian Penyakit Infeksi di Universitas Minnesota. Dalam sebuah tulisannya, dia percaya Ebola suatu saat bisa menyebar melalui udara.

”Sampai kita mempertimbangkan hal itu, dunia tidak akan siap untuk melakukan apa yang diperlukan untuk mengakhiri epidemi,” tulis dia yang dikutip Reuters, Jumat (19/9/2014).

Banyaknya virus dan penyakit menular, potensi virus Ebola bisa menyebar melalui udara bukan hal yang mustahil. ”Ini adalah suatu cara untuk mengantisipasi kemungkinan bahaya Ebola, yang sebelumnya tidak pernah terjadi,” ujar Ian Jones, seorang ahli virus di University of Reading, Inggris.

Selama ini Ebola menular, tetapi penularannya itu melalui kontak langsung dengan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi, seperti darah, kotoran atau muntahan. Virus berbahaya ini telah menginfeksi 5.357 orang di Afrika Barat pada tahun ini.

Virus tersebut sampai saat ini telah menewaskan 2.630 orang dan menjadi ancaman besar bagi dunia.

Ben Neuman, seorang ahli virus di univeritas yang sama di Inggris, mengaku telah memantau epidemi Ebola sejak diketahui muncul di Guinea. "Sejauh ini tidak ada bukti bahwa, kekhawatiran itu benar-benar terjadi di luar sana, di dunia nyata,” katanya merespons potensi virus Ebola bisa menyebar via udara.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5469 seconds (0.1#10.140)