alexametrics

Israel dan Hamas Gencatan Senjata, Rakyat Gaza Bersorak

loading...
Israel dan Hamas Gencatan Senjata, Rakyat Gaza Bersorak
Rakyat Palestina di Gaza turun ke jalan dan bersorak menyambut gencatan senjata. | (Reuters / Mohammed Salem)
A+ A-
GAZA - Rakyat Palestina di Jalur Gaza turun ke jalan dan bersorak menyambut kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Kedua pihak sepakat gencatan senjata untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung sekitar tujuh minggu di Gaza.

Kesepakatan tercapai pada Selasa kemarin, di Kairo, Mesir. Baik Israel dan Mesir yang melihat Hamas sebagai ancaman keamanan minta jaminan tidak ada senjata lagi yang memasuki wilayah Israel. (Baca: Roket Hamas dan Libanon Serbu Israel)



Dalam kesepakatan gencatan senjata itu, Israel dan otoritas Palestina akan membahas pembangunan pelabuhan di Gaza, serta pelepasan tahanan Hamas di Tepi Barat—wilayah Palestina yang diduduki Israel.

Setelah gencatan senjata dimulai, rakyat Gaza, Palestina turun ke jalan. Mereka ramai-ramai bersorak, membunyikan klakson mobil dan bernyanyi memuji nama Tuhan melalui alat pengeras suara.

“Hari ini kita mendeklarasikan kemenangan perlawanan, hari ini kita mendeklarasikan kemenangan Gaza,” ucap juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri, seperti dikutip AFP, Rabu (27/8/2014).

Sementara itu, pihak kantor Perdana Menteri Isrel, Benjamin Netanyahu, juga mengkonfirmasi kesepakatan gencatan senjata itu.”Israel telah menerima usulan Mesir untuk gencatan senjata terbuka dan akan menghadiri pembicaraan di Kairo untuk masa depan Gaza. Itu hanya terjadi jika serangan teror diakhiri dari wilayah tersebut,” bunyi pernyataan itu.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak