Beda Pendidikan Indonesia dan Jepang

Sabtu, 23 Agustus 2014 - 14:27 WIB
Beda Pendidikan Indonesia dan Jepang
Beda Pendidikan Indonesia dan Jepang
A A A
JAKARTA - Komisaris Pandan College, Richard Susilo, selaku penyelenggara Pameran Pendidikan dan Kebudayan Jepang di Jakarta, mengungkap sedikit perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dan Jepang. Menurutnya, perbedaan paling mencolok adalah pada kedisipilinan.

Saat ditemui Sindonews pada Sabtu (23/8/2014), Komisaris Institut Pendidikan Jepang yang berbasis di Tangerang itu menyatakan, bahwa di Jepang kedisiplinan menjadi dasar utama dari pendidikan. Faktor itu juga dibenarkancendekiawan Indonesia, Profesor Azyumardi Azra yang mengagumi kedisiplinan dalam sistem pendidikan di Jepang.

Selain itu, lanjut Susilo, di Jepang kerja kelompok lebih diutamakan ketimbang kemampuan pribadi. “Di Jepang sepintar apapun anak tersebut, tetapi kalau tidak bisa bekerja sama, sang guru mungkin tidak akan meluluskannya," ucapnya. Sedangkan di Indonesia, kemampuan belajar murid cenderung dilihat dari faktor individu.

Azyumardi menambahkan, perbedaan lain pendidikan di Indonesia dan Jepang adalah mata pelajaran di Jepang yang dipelajari lebih sedikit. Sehingga, murid menjadi lebih fokus. Beda dengan Indonesia yang memiliki mata pelajaran banyak, yang kerap membuat siswa tertekan.

“Di Jepang murid diajarkan untuk bisa kritis, sedangkan di Indonesia dari SD murid dihadapkan pada hafalan,” ucap Azyumardi. Namun, baik Azyumardi ataupun Susilo sepakat etika menjadi salah satu hal yang masih tetap dipertahanakan, bahkan diperkuat dalam sistem pendidikan Jepang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3820 seconds (0.1#10.140)