Menhan AS: ISIS Lebih Berbahaya Dari Al-Qaeda

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 19:34 WIB
Menhan AS: ISIS Lebih Berbahaya Dari Al-Qaeda
Menhan AS: ISIS Lebih Berbahaya Dari Al-Qaeda
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Chuck Hagel, menyatakan kekhawatirannya mengenai perkembangan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Menurutnya, ISIS mungkin jauh lebih berbahaya dari al-Qaeda.

“Kekuatan militer dan juga pendanaan besar yang dimiliki oleh ISIS merupakan ancaman besar bagi AS yang mungkin melampaui yang pernah dilakukan oleh al-Qaeda.” ucap Hagel, seperti dilansir Al Jazeera, Jumat (22/8/2014).

"Mereka (ISIS) adalah ancaman bagi setiap kepentingan yang kita miliki, apakah itu di Irak atau di tempat lain," Hagel menambahkan. Dirinya juga menyatakan anggota ISIS sudah dilatih dengan sangat baik, dan itu yang membuat mereka jadi jauh lebih berbahaya.

Hagel menegaskan, ISIS bukanlah kelompok teror biasanya, mereka sudah memiliki ideologi yang sangat kuat. ISIS memang sudah memproklamirkan kekalifahan sendiri dengan target menguasai seluruh dunia.

"Mereka bukanlah kelompok teror biasa, mereka jauh di atas kelompok teror lain yang pernah ada. Mereka memiliki ideologi yang kuat, dan mereka didanai dengan sangat baik dan juga memiliki kekuatan militer yang besar. Ini melebihi apa yang telah kita lihat,” papar Hagel.

Sementara itu, Kepala Staf Gabungan Militer AS, Jenderal Martin Dempsey, mengatakan, ISIS menganut ideologi fanatis. Kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu, lanjut dia, memiliki visi jangka panjang untuk merebut Libanon, Israel dan Kuwait.

”Jika mereka mencapai visi itu, secara fundamental itu akan mengubah wajah Timur Tengah dan menciptakan situasi keamanan yang pasti akan mengancam kita dalam banyak hal,” imbuh Dempsey,
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4677 seconds (0.1#10.140)