Menteri Jerman: Qatar Danai ISIS

Rabu, 20 Agustus 2014 - 18:25 WIB
Menteri Jerman: Qatar Danai ISIS
Menteri Jerman: Qatar Danai ISIS
A A A
BERLIN - Pernyataan yang cukup kontroversial diutarakan oleh Menteri Bantuan Pembangunan Jerman, Gerd Mueller. Dalam sebuah wawancara dengan media setempat, Mueller menuduh Qatar sebagai pihak yang mendanai aksi militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Sebuah cerita semacam ini selalu memiki sejarah di baliknya. Jadi siapakah yang mebiayai ISIS, menurut sejarah, saya menduga adalah Qatar,” ucap Meuller dalam wawancara tersebut. Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (20/8/2104).

Namun, Mueller tidak memberikan alasan lebih lanjut mengapa dirinya menyatakan Qatar sebagai pihak yang memberikan dana terhadap kelompok radikal tersebut. Perdebatan mengenai siapa yang memberikan dana terhadap ISIS memang menjadi isu yang hangat di Jerman.

Perdebatan ini pada awalnya dipicu oleh pernyataan Wakil Kanselir dan Menteri Ekonomi Jerman, Sigmar Gabriel. Dirinya mendesak agar Parlemen Jerman melakukan pembicaraan mengenai siapa yang ada di balik ISIS dalam segi pendanaan sebelum Parlemen Jerman memutuskan untuk mengirim bantuan ke Irak.

Isu pengiriman bantuan militer ke Irak menjadi hal yang cukup kontroversial di Jerman. Pasalnya, paska perang dunia ke-2, Jerman menyatakan keengganan untuk ikut campur secara langsung dengan mengirimkan bantuan militer dalam konflik di sebuah negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5530 seconds (0.1#10.140)