Lindungi Keselamatan Tim IAEA, Sekjen PBB Ucapkan Terima Kasih kepada Rusia

Jum'at, 02 September 2022 - 17:11 WIB
loading...
Lindungi Keselamatan Tim IAEA, Sekjen PBB Ucapkan Terima Kasih kepada Rusia
Sekjen PBB ucapkan terima kasih kepada Rusia karena melindungi keselamatan tim IAEA. Foto/Japan Times
A A A
NEW YORK - PBB senang atas upaya Rusia untuk melindungi tim Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang datang untuk memeriksa pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporozhye. Hal itu diungkapkan juru bicara kepala sekretaris jenderal PBB.

Pernyataan itu muncul setelah Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan “bingung” dengan kurangnya reaksi PBB terhadap upaya Ukraina untuk merebut fasilitas itu dengan paksa.

"Kami senang bahwa Federasi Rusia melakukan apa yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan inspektur kami," kata Stephane Dujarric kepada wartawan pada sebuah pengarahan di New York, Amerika Serikat (AS), ketika ditanya tentang pernyataan Moskow.

“Seperti halnya misi PBB lainnya, adalah tanggung jawab mereka yang mengendalikan area tertentu untuk menjaga keamanan staf PBB,” tambahnya seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (2/9/2022).



Ia juga berterima kasih kepada personel keamanan dan pengemudi untuk pekerjaan luar biasa membawa tim IAEA keluar masuk PLTN Zaporozhye atau Zaporizhzhia dengan aman.

Misi tersebut, yang dipimpin langsung oleh Direktur IAEA Rafael Grossi, sempat ditahan di sebuah pos pemeriksaan Ukraina pada Kamis pagi. Pesawat itu akhirnya mencapai Energodar yang dikuasai Rusia dan mengunjungi fasilitas itu selama beberapa jam, sebelum kembali ke wilayah yang dikuasai Ukraina.

Namun, tepat sebelum kunjungan mereka, artileri Ukraina menargetkan kota Energodar dan PLTN Zaporozhye itu sendiri, sementara sekelompok pasukan komando menyeberangi Waduk Kakhovka dengan perahu dan berusaha menyerbu fasilitas itu, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

"Baik kelompok penyerang awal dan bala bantuan yang menyusul dimusnahkan oleh Garda Nasional dan helikopter tempur," kata militer Rusia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)