Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Arab Saudi, Lebih Kuat Siapa?

Selasa, 30 Agustus 2022 - 12:36 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Arab Saudi, Lebih Kuat Siapa?
Anggota pasukan keamanan mengikuti parade militer di kota suci Mekah, Arab Saudi, 4 Agustus 2019. Foto/REUTERS/Umit Bektas
A A A
TEL AVIV - Sejauh ini, Israel dan Palestina masih sering melakukan aksi saling serang. Banyak negara telah mengkritik tindakan Israel, tetapi serangan terus berlanjut.

Kedua negara telah menunjukkan senjata masing-masing di medan perang, dan Israel secara konsisten mengungguli tentara Palestina.

Israel unggul dalam menangkis serangan Hamas di Palestina dengan sistem pertahanan Iron Dome-nya. Akibatnya, roket Hamas dicegat di udara.

Namun data Global Firepower menunjukkan militer paling kuat di Timur Tengah sebenarnya dimiliki Mesir, bukan Israel.

Posisi Israel berada di lima besar negara terkuat di Timur Tengah, namun negara tersebut berada di urutan ke-empat. Negara terkuat setelah Mesir adalah Turki dan Iran.

Di bawah ini adalah perbandingan lima kekuatan militer teratas di Timur Tengah dan Israel:

1. Mesir

Mesir adalah negara pertama di Timur Tengah yang memiliki kekuatan militer paling kuat. Secara global, Mesir menempati urutan ke-12 dari 142 negara dengan skor PwrIndx 0,1869 (tertinggi di 0,0000).

Dibandingkan Israel, kekuatan militer Mesir masih jauh lebih unggul dalam banyak hal. Mesir memiliki sekitar 450.000 karyawan aktif.

Jumlah ini bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Israel yang hanya memiliki sekitar 173.000 karyawan aktif.

Mesir juga unggul dalam kekuatan darat, laut dan udara. Tetapi Israel memiliki anggaran militer yang jauh lebih besar daripada Mesir.

Israel menyediakan anggaran militer sekitar USD17,8 miliar. Anggaran militer Israel menempati urutan ke-16, jauh di atas Mesir yang ke-47.

2. Turki

Negara paling militeristik di Timur Tengah selanjutnya dipegang oleh Turki. Turki menempati urutan ke-13 dari 142 negara dengan PwrIndx 0.1961.

Dengan sekitar 425.000 orang, Turki memiliki tentara yang lebih aktif daripada Israel. Tetapi Israel memiliki lebih banyak cadangan daripada Turki.

Israel memiliki 465.000 cadangan, sementara Turki hanya memiliki 2.000 personil.

Total anggaran perlindungan Turki masih lebih tinggi dari Israel, hanya sekitar USD9 miliar. Israel juga memiliki lebih banyak jet tempur daripada Turki. Turki masih melebihi jumlah Israel dalam hal tentara dan angkatan laut

3. Iran

Iran menempati urutan ketiga di Timur Tengah. Iran menempati urutan ke-14 dari 142 negara dengan PwrIndx 0,2104.

Seperti Turki, Iran unggul dalam hal personel dan personel aktif, tetapi tertinggal dari Israel dalam kategori personel cadangan.

Anggaran militer Israel juga masih lebih unggul karena Iran hanya menyediakan sekitar USD5 miliar.

Israel juga unggul dalam jumlah pesawat tempur, helikopter, dan serangan khusus di angkatan udaranya.

Namun, tentara dan angkatan laut Iran masih lebih unggul dari Israel, seperti halnya fasilitas dan logistiknya.

4. Israel

Secara global, Israel menempati peringkat ke-18 dari 142 negara dengan PwrIndx 0,2621. Di antara negara-negara Timur Tengah, Israel menempati urutan ke-4 dari 15 negara.

Dengan total populasi 8 juta, Israel memiliki tenaga kerja 3,6 juta. Saat ini, ada 3 juta tentara yang tersedia untuk dinas militer, di mana 173.000 di antaranya bertugas aktif.

Israel menempati peringkat tinggi di angkatan darat dan udara dengan 597 pesawat, 241 pesawat tempur, 48 helikopter tempur, 1.900 tank, dan 8.044 kendaraan lapis baja.

5. Arab Saudi

Arab Saudi menempati urutan ke-5 di Timur Tengah dan ke-20 di dunia dengan PwrIndx 0.2966. Arab Saudi masih memiliki lebih banyak personel daripada Israel, hanya saja negara ini tidak memiliki staf pengganti.

Demikian pula di bidang keuangan, Arab Saudi menganggarkan $46 miliar untuk anggaran militernya.

Arab Saudi masih memimpin kategori angkatan udara baik dalam jumlah pesawat tempur maupun serangan khusus.

Tetapi Saudi masih kalah jumlah dalam jumlah helikopter serang dan jumlah misi khusus yang dilakukan oleh angkatan udara.

Israel juga mengungguli Arab Saudi di beberapa sektor angkatan darat dan laut, termasuk jumlah tank, kendaraan lapis baja, dan kapal selam, masih sangat bagus.

Penulis: MG/Vadma Gempita
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)