Hadapi Korut, AS Ingin Pasang Pencegat Rudal di Korsel

Selasa, 03 Juni 2014 - 11:58 WIB
Hadapi Korut, AS Ingin Pasang Pencegat Rudal di Korsel
Hadapi Korut, AS Ingin Pasang Pencegat Rudal di Korsel
A A A
SEOUL - Komandan pasukan Amerika Serikat (AS) mengusulkan untuk memasang sistem pencegat rudal canggih di sistem pertahanan Korea Selatan (Korsel). Usulan itu untuk menghadapi ancaman Korea Utara (Korut) yang kerap mengancam untuk menguji coba senjata nuklirnya.

Pada bulan Maret lalu, Korut telah menguji coba rudal canggihnya yang mampu menjangkau jarak lebih dari 1.000 km. Tindakan Korut itu telah dikecam Dewan Keamanan PBB. Namun, Pyongyang tidak peduli dengan kecaman itu, dan justru ingin menguji coba senjata nuklirnya.

“Saya merekomendasikan (untuk memasang ) THAAD (sistem pencegat rudal canggih) di wilayah pertahanan Korsel,” tulis kantor beriita Yonhap, Selasa (3/6/2014), mengutip komandan pasukan khusus AS di Korsel, Jenderal Curtis Scaparrotti.

Pejabat militer AS yang memimpin pasukan gabungan AS dan Korsel, yang terlibat dalam latihan perang bersama telah membela Korsel dalam perseteruannya dengan Korut. Kedua Korea itu sejatinya telah sepakat melakukan gencatan senjata untuk mengakhiri Perang Korea 1950-1953. Namun, latihan militer gabungan yang ditentang Korut itu memicu rezim Pyonyang pimpinan Kim Jong-un untuk melakukan manuver.

Menurut Scaparrotti, AS belum secara resmi berdikusi dengan Korsel soal rencana pemasangan THAAD AS di wilayah pertahanan Korsel. Namun, Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan siap meninjau rencana itu.

”Saya memahami bahwa Departemen Pertahanan AS secara internal (ingin) mencoba hal itu. Ketika permintaan resmi datang dari Amerika, maka Kementerian Pertahanan (Korsel) akan mempertimbangkan hal itu,” ujar juru bicara kementerian itu, Kim Min – seok.

Menteri PertahananAS, Chuck Hagel, mengatakan THAAD AS dirancang untuk mencegat rudal balistik di ketinggian. Tujuannya untuk melindungi sebuah wilayah dari gempuran rudal balistik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5247 seconds (0.1#10.140)