Australia Isyaratkan Akan Beli Bomber Siluman B-21 AS, China Bereaksi Keras

Minggu, 28 Agustus 2022 - 00:53 WIB
loading...
Australia Isyaratkan Akan Beli Bomber Siluman B-21 AS, China Bereaksi Keras
China bereaksi keras soal Australia yang mengisyaratkan akan membeli pesawat pengebom siluman B-21 Raider dari AS. Foto/REUTERS
A A A
SYDNEY - Australia mengisyaratkan akan membeli pesawat pengebom (bomber) siluman B-21 dari Amerika Serikat (AS). Itu telah membuat China bereaksi keras.

Prospek pembelian bomber siluman Northrup Grumman B-21 Raider diangkat oleh Australian Strategic Policy Institute (ASPI) pada konferensi pers di Canberra awal pekan ini.

ASPI bertanya kepada Sekretaris Angkatan Udara AS Frank Kendall apakah dia akan mempertimbangkan untuk mengizinkan Australia mengoperasikan pesawat canggih itu untuk memulihkan kemampuan serangan jarak jauh pasukan pertahanannya.

“Saya pikir Amerika Serikat, secara umum, akan bersedia untuk berbicara dengan Australia tentang apa pun yang menarik dari sudut pandang Australia yang dapat kami bantu,” jawab Kendall.



China, melalui media pemerintah Global Times, dengan cepat merespons.

“Karena B-21 adalah bomber siluman jarak jauh yang mampu melakukan penerbangan antarbenua, itu bisa menimbulkan ancaman serius bagi China,” kata juru bicara Global Times Song Zhongpine. Media yang dikelola pemerintah China itu dikenal sebagai corong Partai Komunis China.

Sementara itu, media China berspekulasi bahwa bomber siluman antarbenua generasi berikutnya milik Beijing—Xian H-20—akan diungkapkan kepada publik pada bulan November.

Menurut Global Times, Xian H-20 dapat digunakan untuk mengebom B-21 di pangkalan-pangkalannya di Australia.

Analis senior ASPI Dr Malcolm Davis mengatakan kepada news.com.au, Sabtu (27/8/2022), bahwa kemampuan China untuk melakukannya adalah intinya.

“Saya tidak melihat B-21 RAAF 'pergi ke pusat kota' di atas Beijing atau Shanghai,” katanya, mengacu pada Angkatan Udara Australia.

“Saya melihat kemampuan seperti itu lebih sebagai elemen sentral dari kemampuan penangkalan Australia yang dirancang untuk menangkal kemewahan manuver Angkatan Udara dan Angkatan Laut China terhadap kami dalam konflik di masa depan. Ini tentang memberi kita kemampuan untuk menyerang target Angkatan Laut dan meneruskan pangkalan darat untuk menangkal kebebasan mereka untuk melancarkan serangan ke utara Australia," paparnya.

Kepentingan teritorial Australia sangat besar, membentang lebih dari 7.500 km dari Kepulauan Cocos di Samudra Hindia hingga Pulau Norfolk di Pasifik Selatan.

Jarak seperti itu sering dianggap antarbenua. Itu adalah ruang lingkup yang harus dicakup oleh pasukan pertahanan Australia.

“Kasus untuk kekuatan udara jarak jauh, saya pikir, sedang berkembang,” kata Davis kepada news.com.au.

Menurutnya, China memiliki gudang senjata jarak jauh, rudal, kapal selam, dan kapal perang. Australia membutuhkan cara untuk melawan ini.

Salah satu metode melibatkan pengiriman kapal selam dan kapal perang ke jalan yang berbahaya. Yang lain bergantung pada membangun kekuatan penangkal dari rudal balistik jarak menengah Australia.

“Sungguh, kami mempersempitnya menjadi rudal berbasis darat dan bomber jarak jauh yang dapat bertahan di dalam wilayah udara yang diperebutkan,” kata Davis.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)